Etika Publikasi

PUBLICATION ETHICS

Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda mengikuti panduan dari Komite Publikasi Etika (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, tentang bagaimana menangani kasus penelitian dan penyimpangan publikasi. Semua artikel dalam jurnal ini yang melibatkan subyek manusia harus menghormati prinsip etika penelitian seperti yang dijelaskan dalam Deklarasi Helsinki dan penelitian yang melibatkan hewan harus mematuhi Prinsip Panduan Internasional untuk Penelitian Biomedis yang dikembangkan oleh Dewan Organisasi Internasional Ilmu Kedokteran (CIOMS).

Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda mengadopsi COPE guna memenuhi standar etika berkualitas tinggi bagi penerbit, editor, penulis, dan pengulas. Sebagai isu penting, etika publikasi perlu dijelaskan secara jelas untuk meningkatkan kualitas penelitian di seluruh dunia. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan standar untuk editor, penulis, dan pengulas. Selain itu, penerbit tidak memiliki hak untuk mengganggu integritas isi dan hanya mendukung untuk mempublikasikan dengan tepat waktu.

Untuk Editor

1. Editor harus bertanggung jawab untuk setiap artikel yang dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda.
2. Para editor dapat berkomunikasi dengan editor lain atau pengulas saat membuat keputusan akhir.
3. Editor harus mengevaluasi naskah yang akan diterbitkan secara obyektif, menilai masing-masing artikel menurut kualitas tanpa melihat kebangsaan, etnis, keyakinan politik, ras, agama, jenis kelamin, senioritas, atau afiliasi institusional penulis. Ia harus menolak penugasannya ketika ada potensi konflik kepentingan.
4. Para Editor harus memastikan bahwa dokumen yang dikirim ke pengulas tidak mengandung informasi tentang penulis, begitu juga sebaliknya.
5. Keputusan para editor harus diinformasikan kepada penulis, disertai dengan komentar pengulas, kecuali komentar tersebut mengandung pernyataan yang ofensif atau mencemarkan nama baik.
6. Editor harus menghormati permintaan penulis bahwa seseorang tidak seharusnya meninjau tulisannya, jika alasan tersebut masuk akal dan praktis.
7. Editor dan semua staf harus menjamin kerahasiaan naskah yang diserahkan.
8. Editor akan dipandu oleh bagan alir COPE jika ditengarai akan adanya penyelewengan atau sengketa kepenulisan.

Untuk Peninjau
1. Peninjau perlu memberi komentar perihal pertanyaan etis dan kemungkinan kesalahan dalam penelitian dan publikasi.
2. Peninjau akan melakukan pekerjaannya secara tepat waktu dan wajib memberitahu editor jika mereka tidak bisa menyelesaikan tugas tersebut.
3. Peninjau harus menjaga kerahasiaan naskah.
4. Peninjau harus menolak penugasan jika menemukan adanya potensi konflik kepentingan antara diri mereka dan penulis.

Untuk Penulis

1. Reporting Standards: Penulis harus menyajikan laporan dan data yang akurat dari hasil penelitian. Artikel hasil penelitian tersebut harus memuat informasi detail dan referensi yang cukup. Penipuan terhadap isi dari  suatu naskah secara disengaja merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

2. Originality and Plagiarism : Para penulis harus memastikan orisinalitas karya tulisnya dan memberikan informasi/sumber yang jelas jika menggunakan kutipan. Penulis tidak diperkenankan untuk melakukan publikasi naskah penelitiannya di lebih dari satu jurnal karena mengirimkan naskah yang sama pada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

3.  Acknowledgement of Sources : Pengakuan yang tepat dari karya pihak lain harus selalu disertakan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah digunakan untuk mendasari pembuatan dari suatu karya ilmiahnya.

4.  Authorship of the Paper : Karya tulis harus dibatasi kepada peneliti–peneliti yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua peneliti yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai co-penulis. Peneliti yang berpartisipasi dalam aspek–aspek substantif dari suatu penelitian, harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis utama harus memastikan bahwa co-penulis memang layak untuk dimasukkan pada daftar peneliti dan semua penulis harus melihat dan menyetujui versi final dari naskah yang akan dipublikasikan.

5. Disclosure and Conflicts of Interest : Setiap penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap substantif keuangan atau kepentingan yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil dari suatu naskah.

6.  Fundamental errors in published works : Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan dalam naskah yang diterbitkan, penulis diharapkan memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah tersebut

Informasi Editorial:
Program Studi S1/D3 Kebidanan
Jl. Bilal No. 52 Kelurahan Pulo Brayan Darat I Kecamatan Medan Timur, Medan - Sumatera Utara
Telp : (061) 66455670
Website : http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEPERAWATAN
Email : kebidananimelda@uimedan.ac.id
 
Universitas Imelda Medan