STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS RUMAH IDE COFFEE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN

Penulis

  • Diana Efendi Universitas Imelda Medan

Kata Kunci:

Strategi, Pemasaran Hubungan Masyarakat, Pelanggan, Rumah Ide Coffee

Abstrak

Rumah Ide Coffee merupakan perusahaan yang bergerak di bidang food and beverage. Produk utama dari Rumah Ide Coffee adalah Signature Drink. Peneliti mengangkat strategi Public Relations Marketing Rumah Ide Coffee Bilal Medan Timur untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Public Relations Marketing merupakan aspek penting dalam meningkatkan jumlah pelanggan, karena pelanggan merupakan pondasi bisnis yang membuat bisnis tetap ada, sehingga keberhasilan dalam menciptakan fokus di benak pelanggan untuk membeli produk di Rumah Ide Coffee. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi pemasaran public relations Rumah Ide Coffee untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang digunakan Rumah Ide Coffee untuk meningkatkan jumlah pelanggannya? Penelitian ini menggunakan teori Three Ways Strategies dari Thomas L. Harris. Subjek penelitian ini adalah Public Relations Marketing yang terdiri dari key informant dan informan sedangkan objek penelitian ini adalah strategi pemasaran public relations yang digunakan Rumah Ide Coffee. Data dikumpulkan melalui observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, studi pustaka dan dokumentasi dari objek penelitian. Hasil dari penelitian kualitatif deskriptif ini adalah Rumah Ide Coffee menggunakan strategi pemasaran hubungan masyarakat yang difokuskan pada divisi pemasaran, yaitu strategi three way. Strategi tersebut terbukti mampu meningkatkan jumlah pelanggan, yaitu strategi push, pull, dan pass. Strategi push dilakukan dengan mengikuti pameran dagang dan publikasi. Strategi pull dilakukan dengan menyelenggarakan beberapa acara seperti; live music, product placement, website, dan publikasi melalui media sosial. Strategi pass dilakukan dengan memberikan sumbangan.

Referensi

Ardianto, Elvinaro. 2011. Hand Book of Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Charles Lamb, Joe Hair dan Carl McDaniel. 2008. Marketing Edition 10. Cengage Learning.

Eko P.W. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Gunadi YS. 2015. Komunikasi Sosial Dan Pembangunan. Jakarta.

Jalaluddin, Rakhmat. 2012.Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kotler, Philip & Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing, Jakarta: Prenada Media Group.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra Ilmu.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group. 2013.

Moleong L.J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2010. Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Olivier R. 2010. “Whence Consumer Loyalty”, Journal of Marketing, Vol 63.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-17