GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBERIAN IMUNISASI POLIO PADA BALITA DI RUMAH SAKIT IMELDA PEKERJA INDONESIA (IPI) MEDAN

  • Mira Indrayani Dosen Prodi D-III Kebidanan STIKes Imelda
Keywords: Pengetahuan, Ibu, Imunisasi Polio

Abstract

Imunisasi Polio merupakan Imunisasi yang bertujuan untuk mencegah penyakit poliomyelitis. Poliomyelitis adalah penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh satu dari tiga virus yang berhubungan yaitu virus polio type 1, 2, dan 3.imunisasi merupakan factor terpenting untuk memberantas polio.Tujuan Imunisasi untuk memberikan kekebalan pada bayi agar dapat mencegah penyakit dan kematian bayi serta anak yang disebabkan oleh penyakit yang sering berjangkit. Jenis penelitian bersifat Deskriptif, Tekhnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah non probability sampling yaitu tehnik yang tidak memberi kesempatan yang sama bagi anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel dengan tehnik insidental sampling (Setiadi, 2007). jumlah sampel yang terkumpul dalam penelitian berjumlah 45 ibu yang memiliki balita di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia (IPI) Medan. Tehnik pengukuran pada setiap variabel adalah dengan mengajukan 21 butir pertanyaan untuk variabel pengetahuan dengan menggunakan skala guttman dalam bentuk kuesioner tertutup, kemudian diformulasikan menggunakan rumus range (kelas) dan rumus stugers  oleh Sudjana (2009) untuk menentukan kriteria jawaban responden dan mengetahui skor dan persentase jawaban. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa mayoritas pengetahuan ibu tentang Imunisasi polio tergolong cukup sebanyak 22 responden  (49%) dan minoritas pengetahuan baik sebanyak 8 responden  (18%).. Untuk itu masih sangat penting penyuluhan pada ibu – ibu yang memiliki balita  tentang imunisasi polio di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia (IPI) Medan.

References

Effendy. 2004. Dasar-dasar Kepewatan Kesehatan Masyarakat. EGC: Jakarta.

Fitriani, Sinta. 2011. Promosi Kesehatan. Graha ILmu: Jakarta.

Ismanto. 2011. Pengertian Ibu dan Balita yang Sehat. http://ismantosurya.blogspot.com. Di unduh pada tanggal, 29 April 2019.

Mubarak. 2010. Pengetahuan Dalam Pelayanan Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta.

Mulyani, Rinawati. 2013. Imunisasi Untuk Anak. Nuha Medika, Yogyakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta : Jakarta.

___________________. 2010. “Ilmu Pendidikan dan Perilaku Manusia”. Rineka Cipta : Jakarta

Proverawati, Andhini. 2010. Imunisasi dan Vaksinasi. Nuha Medika: Jakarta.

Rudy. 2010. Defenisi Sikap. http :// berbagaireferensi.blogspot.com. Diunduh Pada Tanggal, 12 April 2016.

Satgas. 2008. Pedoman Imunisasi Di Indonesia. Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia: Jakarta.

Scribd. 2010. Tentang Ibu dan Balita. http://id.scribd. com/doc/208535708/ ibu dan balita diakses pada tanggal, 22 Feb 2016.

Setiadi. 2007. Konsep & Penulisan Riset Keperawatan. Graha Ilmu : Yogyakarta.

Soetjiningsih. 2009.Tumbuh Kembang Anak. EGC: Jakarta.

Sofyan, Mustika. 2006. 50 Tahun IBI: Bidan Menyongsong Masa Depan. Ikatan Bidan Indonesia: Jakarta.

Widoyono. 2005. Penyakit Tropis, Epidemiologi, Pencegahan dan Pemberantasannya. Erlangga: Jakarta
Published
2021-03-17
How to Cite
Indrayani, M. (2021). GAMBARAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMBERIAN IMUNISASI POLIO PADA BALITA DI RUMAH SAKIT IMELDA PEKERJA INDONESIA (IPI) MEDAN. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 7(1), 6-11. Retrieved from https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEBIDANAN/article/view/534