PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN STEGANOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED LEARNING
Abstrak
Perkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi mempermudah segala aspek kegiatan manusia salah satunya dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menciptakan media pembelajaran yang efektif, efesien dan praktis Salah satu produk berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi adalah komputer. Komputer dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan adalah Pembelajaran berbasis Komputer atau Computer Based Learning (CBL). CBL sangat efektif sebagai sarana pembelajaran karena lebih menarik dan dapat mempermudah pemahaman user, contohnya mengenai proses penyisipan dalam steganografi. Oleh sebab itu dengan adanya penggunaan teknologi multimedia maka user dapat lebih mudah dalam memahami materi tentang Steganografi. CBL memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan jika dibandingkan dengan buku. Untuk mengimplementasikan aplikasi ini digunakan Visual Basic 2008 dan merupakan penggabungan tutorial dan simulasi
Referensi
[2] P. B. N. Simangunsong and M. R. Manalu, “Prototypes of Learning Physics Using Computer Assisted Instruction Method,” J. Sci., vol. 7, no. 2, Feb, pp. 55–58, 2019, [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan.
[3] M. Julyus, F. Sirat, and B. Nadeak, “APPLICATION DESIGN OF LEARNING STRUCTURE DATA USING METHODS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION,” J. Sci., vol. 8, no. 2, pp. 2–8, 2019, [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/51/39.
[4] R. julia Purbasari, M. S. Kahfi, and M. Yunus, “Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X,” J. Online Univ. Negeri Malang, 2013.
[5] I. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,” J. Chem. Inf. Model., 2019.
[6] P. Hull, A. Chaudry, A. Prasthofer, and G. Pattison, “Optimal sequencing of bedside teaching and computer-based learning: A randomised trial,” Med. Educ., 2009, doi: 10.1111/j.1365-2923.2008.03261.x.
[7] O. B. Han, N. D. B. A. Halim, R. S. B. Shariffuddin, and Z. B. Abdullah, “Computer Based Courseware in Learning Mathematics: Potentials and Constrains,” Procedia - Soc. Behav. Sci., 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.331.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##