PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN STEGANOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED LEARNING

  • Maimunah STMIK Budi Darma, Medan, Indonesia

Abstrak

Perkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi mempermudah segala aspek kegiatan manusia salah satunya dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menciptakan media pembelajaran yang efektif, efesien dan praktis Salah satu produk berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi adalah komputer. Komputer dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Salah  satu  pemanfaatan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  dalam bidang pendidikan adalah Pembelajaran berbasis Komputer atau Computer Based Learning  (CBL). CBL  sangat  efektif  sebagai  sarana  pembelajaran  karena  lebih menarik dan dapat mempermudah pemahaman user, contohnya mengenai proses penyisipan dalam steganografi. Oleh  sebab  itu dengan adanya penggunaan teknologi multimedia maka user dapat lebih mudah dalam memahami materi tentang Steganografi. CBL memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan jika dibandingkan dengan buku. Untuk mengimplementasikan aplikasi ini digunakan Visual Basic 2008 dan merupakan penggabungan tutorial dan simulasi

Referensi

[1] K. Siregar, “MULTIMEDIA BASED PRAYER LEARNING APPLICATION DESIGNING USING COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) METHOD,” J. Sci., vol. 7, no. 2, Feb, pp. 49–54, Feb. 2019, Accessed: Oct. 24, 2020. [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan.
[2] P. B. N. Simangunsong and M. R. Manalu, “Prototypes of Learning Physics Using Computer Assisted Instruction Method,” J. Sci., vol. 7, no. 2, Feb, pp. 55–58, 2019, [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan.
[3] M. Julyus, F. Sirat, and B. Nadeak, “APPLICATION DESIGN OF LEARNING STRUCTURE DATA USING METHODS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION,” J. Sci., vol. 8, no. 2, pp. 2–8, 2019, [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/51/39.
[4] R. julia Purbasari, M. S. Kahfi, and M. Yunus, “Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA Kelas X,” J. Online Univ. Negeri Malang, 2013.
[5] I. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS,” J. Chem. Inf. Model., 2019.
[6] P. Hull, A. Chaudry, A. Prasthofer, and G. Pattison, “Optimal sequencing of bedside teaching and computer-based learning: A randomised trial,” Med. Educ., 2009, doi: 10.1111/j.1365-2923.2008.03261.x.
[7] O. B. Han, N. D. B. A. Halim, R. S. B. Shariffuddin, and Z. B. Abdullah, “Computer Based Courseware in Learning Mathematics: Potentials and Constrains,” Procedia - Soc. Behav. Sci., 2013, doi: 10.1016/j.sbspro.2013.10.331.
Diterbitkan
2020-04-29