PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN REAKSI REDUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED LEARNING
Abstrak
Kimia adalah ilmu yang mempelajari benda, ciri-cirinya, strukturnya, komposisinya, dan perubahannya yang disebabkan karena interaksi dengan benda lain atau reaksi kimia.Kimia sering disebut sebagai "ilmu pusat" karena menghubungkan berbagai ilmu lain,seperti fisika, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi.Reaksi reduksi merupakan salah satu reaksi kimia yang terjadi pada reaksi redoks. Konsep reaksi reduksi pada reaksi redoks telah mengalami beberapa tahap perkembangan.
Untuk itu perlu disiapkan suatu media pembelajaran yang dapat menyampaikan materi pelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik untuk mempelajari materi tersebut dengan penerapan pembelajaran dengan berbantuan komputer. Diharapkan dapat memudahkan dalam memahami materi reaksi reduksi. Computer Based Learning (CBL) merupakan komputer untuk menyajikan materi pembelajaran yang bertujuan agar peserta didik semakin aktif dalam mempelajari materi dalam penggunaan media komputer. Dalam perkembangannya Computer Based Learning (CBL) memiliki empat model sistem pembelajaran yaitu model tutorial, model praktek dan latihan, model simulasi, dan model instruction games.
Referensi
[2] M. Julyus, F. Sirat, and B. Nadeak, “APPLICATION DESIGN OF LEARNING STRUCTURE DATA USING METHODS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION,” J. Sci., vol. 8, no. 2, pp. 2–8, 2019, [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/51/39.
[3] M. I. Panjaitan and D. M. Rajagukguk, “Development of Computer-Based Photoshop Learning,” J. Sci., vol. 8, no. 2, pp. 37–41, 2020, [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/54/43.
[4] P. B. N. Simangunsong and M. R. Manalu, “Prototypes of Learning Physics Using Computer Assisted Instruction Method,” J. Sci., vol. 7, no. 2, Feb, pp. 55–58, 2019, [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan.
[5] K. Siregar, “Multimedia Based Prayer Learning Application,” J. Sci., vol. 7, no. 2, pp. 17–22, 2019, [Online]. Available: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/45/35.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##