SISTEM ADMINISTRASI PENGELOLAAN ARSIP SURAT MASUK DAN KELUAR BERBASIS WEB DI UIM

  • Analisan Buulolo Universitas Imelda Medan
  • Muhammad Iqbal Panjaitan Universitas Imelda Medan

Abstrak

Komputer sudah sangat terkenal dan sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Bahkan dengan sistem komputer, ini dapat menyelesaikan segala pekerjaan yang selama ini diselesaikan secara manual. Dengan bantuan komputer  pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat dan terstruktur. Komputer merupakan alat bantu yang sangat populer sekarang ini dalam menyelesaikan masalah yang dipakai dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Dengan perkembangan teknologi informasi tersebut, maka dibuatlah sistem administrasi pengelolaan arsip surat masuk dan surat keluar berbasis Web di AMIK Imelda Medan untuk mendapatkan informasi yang selama ini masih dikerjakan secara manual. Sistem administrasi pengelolaan arsip surat masuk dan surat keluar di AMIK Imelda Medan baru ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bahasa pemrograman diantaranya berbasis Web. Pengelolaan arsip surat masuk dan surat keluar selama ini masih dilakukan secara konvensional berupa hardcopy atau lembaran-lembaran kertas yang menyulitkan dalam hal pencarian jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Surat yang masuk beberapa tahun yang lalu tentu akan sulit dicari jika menggunakan cara penyimpanan berupa hardcopy baik itu karena semakin menumpuknya arsip atau dikarenakan arsip surat yang sudah rusak. Kesulitan dan kerumitan tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yakni memanfaatkan bahasa pemrograman PHP dan database MySql untuk mengelola arsip surat keluar dan surat masuk.

 Pengelolaan memanfaatkan bahasa pemrograman PHP dan database MySql tersebut tidak lagi berupa hardcopy atau lembaran kertas namun sudah berupa file hasil dari pemindai atau scan dari surat yang asli. Arsip hasil scan akan disimpan dengan kode-kode tertentu untuk memudahkan dalam pencarian sehingga arsip yang masuk sudah beberapa tahun yang lalu tidak rusak dan mudah dicari. Oleh karena itulah penulis membuat sebuah program sistem administrasi pengelolaan arsip surat masuk dan surat keluar berbasis Web di AMIK Imelda Medan.

Referensi

[1]. Abdulloh.2016. “Cara Mudah Dan Murah Membangun Dan Mengelola
Website”. Yogyakarta.Graha Ilmu.
[2]. Achmad Solichin, 2016. “Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL”, Penerbit Budi Luhur.
[3]. Edy Winarno, ddk. 2014. Pemrograman Web Berbasis HTML5, PHP, dan JavaScript. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
[4]. Hutahaean, J. 2014. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta : Budi Utama.
[5]. Hutahaen, Jeperson 2015. Sistem Informasi, Edisi 13. Salemba Empat : Jakarta.
[6]. I Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi Dan Implementasinya. Bandung : Informatika Bandung.
[7]. Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerit ANDI.
[8]. Kadir, Abdul. 2015, “Belajar Sendiri Pasti Bisa Pemograman PHP”.Yogyakarta.
[9]. krismaiji. 2015. Buku Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Andi Offset.
[10]. Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart. 2014 Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems (Edisi 13), Prentice Hall.
[11]. Maryati. 2014. Manajemen Perkantoran Efektif. UPP STIM YKPN: Yogyakarta
[12]. Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
[13]. Nuraida, Ida. 2014. Manajemen Administrasi Perkantoran. PT Kanisius: Yogyakarta
[14]. Prasetio, Adhi.2014, Buku Sakti Webmaster, Media Kita, Jakarta
Diterbitkan
2022-05-13