FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN INTRA UTERINE FETAL DEATH (IUFD)

  • Elvalini Warnelis Sinaga Dosen Prodi D-III Kebidanan STIKes Imelda
Keywords: Umur Ibu, Umur Kehamilan, Kadar Hb, IUFD

Abstract

Latar Belakang : Intra Uterine Fetal Death atau IUFD adalah kondisi janin yang meninggal di dalam kandungan setelah kehamilan berusia 20 minggu. Beberapa kasus IUFD tidak bisa dicegah, untuk mengurangi resiko tenaga kesehatan bisa mewaspadai penyebabnya dan melakukan langkah pencegahan yang tepat.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Intra Uterin Fetal Death di RSU Imelda Medan

Metode Penelitian : Metode yang digunakan dala penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 90 orang terdiri dari 45 orang dengan kasus Intra Uterin Fetal Death dan 45 orang yang tidak mengalami Intra Uterin Fetal Death sebagai kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah check list. Analisis data menggunakan uji Chi-square.

Hasil Penelitian : Hasil analisis uji Chi-square terhadap hubungan umur ibu dengan kejadian IUFD didapatkan nilai ρ value = 0,594 (ρ > 0,05) artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara umur ibu dengan kejadian IUFD, umur kehamilan dengan kejadian IUFD didapatkan nilai ρ value = 1,000 (ρ > 0,05) artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara umur kehamilan dengan kejadian IUFD. Sedangkan hasil analisis uji Chi-square terhadap hubungan kadar Hb dengan kejadian IUFD didapatkan nilai ρ value = 0,010 (ρ < 0,05) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kadar Hb dengan kejadian IUFD.

Kesimpulan : Dari hasil penelitian terdapat tidak ada hubungan antara umur ibu dan umur kehamilan dengan kejadian Intra Uterine Fetal Death, dan terdapat hubungan antara kadar Hb dengan kejadian Intra Uterine Fetal Death

References

Saifuddin A.B. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo; (2010).

Kementrian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia. (2012) [cited 2012 20 April]; Diakses dari: http://www.kemkes.go.id.

Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Utara. Profil Data Kematian Neonatal, Bayi dan Anak Balita Tahun 2013. Manado: Dinas Kesehatan Prov. Sulut 2014).

Nugroho T. Obstetri dan Ginekologi: Untuk Kebidanan dan Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika; (2012).

Manuaba I. B. G, Manuaba IAC, Manuaba IBGF. Pengantar Kuliah Obstetri. Jakarta: EGC; (2012).

Wiknjosastro G.H. Ilmu kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo; (2007).

Waryono. Gizi Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rihama; (2010).
Published
2020-09-30
How to Cite
Warnelis Sinaga, E. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN INTRA UTERINE FETAL DEATH (IUFD). Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 6(2), 78-81. Retrieved from http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEBIDANAN/article/view/443