PENGARUH SARANA PRASARANA PARIWISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN PADA WISATA KULINER SARAPAN KAMU (KAWULA MUDA), DI DESA DENAI LAMA, KEC. PANTAI LABU, KAB. DELI SERDANG

  • Sabam Syahputra Manurung sabam.syahputramanurung@stikes-imelda.ac.id
  • Achmad Zulfikar Siregar Ekonomi Syariah, Universitas Imelda Medan, Medan, Indonesia
  • Dipa Wicaksono S1 Pariwisata, Universitas Imelda Medan, Medan Indonesia
Keywords: Sarana Prasarana, Objek Wisata, Kepuasan Wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sarana prasarana pariwisata terhadap kepuasan wisatawan pada Objek Wisata Kuliner Sarapan Pagi (Kamu) Kawula Muda. Penilitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari Sarana Prasarana (variabel x) dan Kepuasan (variabel y). Data yang diperoleh melalui pembagian kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung objek Wisata Kuliner Sarapan (Kamu) Kawula Muda, di Desa Denai Lama., Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten. Deli Serdangyang berjumlah 115.487 orang pada tahun 2017 dan ditarik sampel sebanyak 99 orang yang bertempat tinggal dari berbagai
daerah di Kabupaten Deli Serdang. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sarana Prasarana Pariwisata berpengaruh positif terhadap Kepuasan Wisatawan pada Objek Wisata Kuliner Sarapan Pagi (Kamu) Kawula Muda.

References

] J.Paul Peter, James H.Donnelly, Jr. (2011). A Preface To Marketing Management. Twelfh Edition. New York: Mc Graw Hill.

] Juliansyah Noor. 2011. Metodologi Penelitian, Jakarta : Prenadamedia.

] Kerlinger. 2006. Asas-asas Penelitian Behavior. Edisi 3, Cetakan 7. Yogyakarta: Gadja Mada University Press

] Kottler, Bowen, Makens. 1999. Marketing for Hospitality and Tourism. 2nd edition. Prentice-hall, inc. USA

] Kotler, Philip & Garry Amstrong. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 Edisi Kedua Belas. Jakarta : Erlangga.

] Kotler, Philip, and Gary Amstrong, 2007. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kesembilan Jilid 1, PT Indeks, Jakarta.

] Novi Dwi. Dewi, Repno Mustika. 2014. Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatwan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Mojokerto Tahun 2006-2013. Jurnal ilmiah, hal. 1-12.

] Poerwanto. 2008. Budaya Perusahaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

] P. Suwardjoko, Warpani dan P. Warpani, Indira. 2007 Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah Bandung. Bandung: Institut Teknologi Bandung

] Rahmi, Gita Dwi. 2016. Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kota dan Kabupaten Se-Provinsi Jawa barat Tahun 2009-2014. Skripsi, Jawa Barat: Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia.

] Rambat, Lupiyoadi, dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta, Salemba Empat.

] Richardson, John and Martin Fluker. 2004. Understanding and Managing Tourism. Australia: Pearson Education.

] Saladin, Djaslim. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran,

Cetakan Ketiga, Bandung : Alfabeta.

] Suchaina. Pengaruh Kualitas Fasilitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Danau Ranu Grati. Jurnal Psikologi September 2014, Vol. II, No. 2, Hal. 94-96

] Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Published
2023-01-18