STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GAYO CAMPING GROUND DI TAKENGON ACEH

  • Apriliani Lase S1 Pariwisata Universitas Imelda Medan
  • Bilqistina S1 Pariwisata Universitas Imelda Medan
Keywords: Potensi wisata alam, Pengembangan pariwisata, Objek wisata lokal.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana strategi pengembangan potensi wisata Gayo Camping Ground di Takengon, 2) Agar memberikan sumbang saran kepada pengelola objek wisata Gayo Camping Ground di Takengon. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif, dan teknik analisis data deskriptif , dimana akan membahas potensi apa yang dimiliki dan bagaimana cara mengembangkannya. Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut, terdapat potensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata alam. Potensinya adalah: 1) Strategi Promosi sebagai
pengembangan dari Objek Wisata Gayo Camping Ground saat ini sudah cukup baik, sebagai contoh Dinas Pariwisata sudah melakukan promosi dengan menyediakan sebuah flyer dan sebuah video promosi kemudian diuggah ke dalam sosial media yang dikelola langsung oleh pengelola Gayo
Camping Ground sendiri. Untuk media sosialnya sudah tersedia di Instagram, Facebook, Youtube sehingga memudahkan wisatawan untuk mencari informasi tentang objek wisata ini. 2) Dari hasil penelitian ini hal yang harus dikembangkan di Objek wisata Gayo Camping Ground ini tidak banyak
karena semua fasilitas yang telah disediakan di lokasi wisata ini sudah memenuhi standart sebuah wisata.

References

Aj. M. (2012). Kepariwisataan dan perjalanan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aina Rahmayani, & Sabam Syahputra Manurung. (2022). Pengelolaan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism) Di Objek Wisata Tangkahan. TOBA: Journal of Tourism, Hospitality and Destination, 1(3), 148–154. Retrieved from https://journal.literasisains.id/index.php/toba/article/view/845

Marpaung, H. (2002). Pengetahuan kepariwisataan, Bandung: CV. Alfabeta

Yoeti, O. A. (2004). Strategi pemasaran hotel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Yoeti, O. A. dkk. (2006). Pariwisata Budaya Masalah dan Solusinya. PT. Pradnya Paramita.

Published
2023-01-18