Perancangan Aplikasi Data Mining Transaksi Penjualan Untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen Pada Toko Endang Pasaman Barat Menggunakan Algoritma Apriori Berbasis Web

  • Nelisa Nelisa Universitas Imelda Medan
  • Mutia Mutia Universitas Imelda Medan

Abstract

Algoritma apriori merupakan salah satu metode pencarian dalam data mining. Algoritma apriori biasa di gunakan dalam perhitungan itemset dalam sebuah perusahaan dalam transaksi hariannya, di dasari oleh masalah-masalah seperti analisa keranjang belanja. Suatu keranjang belanja (market base) merupakan kumpulan item yang dibeli oleh pelanggan dalam suatu transaksi pelanggan tunggal. Transaksi penjualan inilah yang di proses untuk menemukan pola pembelian konsumen di toko Endang Pasaman Barat.

References

[1]. Hermawati, Fajar Astuti. "Data Mining. 2013." ANDI: Yogyakarta.

[2] Dewi, A. O. P.. " Big Data di Perpustakaan dengan Memanfaatkan Data Mining. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(2), 223-230. 2020."

[3] Budianto, H., & Riana, J. " Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Fp-Growth Untuk Penentuan Strategi Promosi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Kuningan. Cloud Information, 5(1).(2020).

[4] Syahril, M., Erwansyah, K., & Yetri, M.. " Penerapan Data Mining untuk menentukan pola penjualan peralatan sekolah pada brand wigglo dengan menggunakan algoritma apriori. J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD), 3(1), 118-136. (2020).

[5]. Ridwan, Mujib, Hadi Suyono, and M. Sarosa. "Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier." Jurnal EECCIS : 59-64.
Published
2022-08-08
How to Cite
Nelisa, N., & Mutia, M. (2022). Perancangan Aplikasi Data Mining Transaksi Penjualan Untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen Pada Toko Endang Pasaman Barat Menggunakan Algoritma Apriori Berbasis Web. JITA (Journal of Information Technology and Accounting), 5(2), 52-58. Retrieved from https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JITA/article/view/1085