Business Marketing Strategies In The Digital Era (Literature Analysis)

  • Muhammad Rizki Magister Manajemen Pemasaran Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung
  • Vip Paramarta Magister Manajemen Pemasaran Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung
  • Arsenius Magister Manajemen Pemasaran Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung
  • Antok Andriono Magister Manajemen Pemasaran Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung
  • Ongki Sanjaya Magister Manajemen Pemasaran Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung

Abstrak

Digitalisasi memberikan kemudahan dan efisiensi dalam kehidupan manusia. Tak lepas dalam dunia bisnis pun beralih dari cara konvensional menuju digital. Bisnis yang telah mengadopsi digital dalam aspek pemasarannya membuat bisnis mengalami perubahan atau adaptasi. Metode pada artikel ini menggunakan studi pustaka (library research) yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan pemasaran dan penerapan strategi pemasaran digital. Berdasarkan uraian mengenai strategi pemasaran di era digital dapat disimpulkan bahwa pentingnya bisnis yang menerapkan digitalisasi pemasaran pada bisnisnya untuk meningkatkan keuntungan dan keberlangsungan bisnis jangka panjang.

Referensi

[1] Chanifudin, I. (2021). Pembuatan Website Sikidang.Com Menggunakan Teknik Search Engine Optimization (Seo) Dan Search Engine Marketing (Sem) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada CV. Oafindo Wonosobo. Universitas Amikom Yogyakarta.
[2] Evans, M. K. (2022). How to make web accessibility a part of digital marketing efforts. martech.org.
[3] Febri, A., Ningsih, N., & Lemantara, J. (2021). Aplikasi Analisis Segmentasi Pelanggan untuk Menentukan Strategi Pemasaran Menggunakan Kombinasi Metode K-Means dan Model RFM. Sistemasi, 10(1), 152. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i1.1123
[4] Finley, S. (2023). Accessibility in Digital Marketing: How To Appeal To a Wide Audience. brafton.com
[5] Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02
[6] Hendrawan, H. (2021). Analisa SWOT dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) terhadap Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro – Bunda Culinary. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 127–138. https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i2.4505
[7] K’necht, A. (2022, October 24). How to make web accessibility a part of digital marketing efforts. martech.org.
[8] Kotler, P., & Keller, K. L. (2010). Marketing Management. Erlangga.
[9] Mufti, A., & Ciptono, W. Sl. (2016). Perencanaan Bisnis Manajemen Interaksi Pelanggan Melalui Media Sosial (Sociomile.Com - Social Engagement Platform). Gajah Mada University.
[10] Muhlis, & Sudirman. (2021). Tantangan dan Pengelolaan Sejumlah Risiko Perbankan Syariah Era Digital. Al-Buhuts, 17(2), 253–275. https://doi.org/10.30603/ab.v17i2.2340
[11] Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka (Vol. 6, Issue 1).
[12] Raja Joko, M., & Priyatno, A. M. (2023). Artificial Intelligence (AI) dan Penerapan dalam Dunia Bisnis. JES-TM Social and Community Service.
[13] Rustandy, A., Suryaningrum, D. A., Hamidi, D. Z., & Rachmat, T. (2023). Optimization and Innovation in Agile Manufacturing Mendorong Pertumbuhan Bisnis : Memanfaatkan Pengambilan Keputusan Berbasis Data untuk Optimalisasi Sumber Daya dan Inovasi dalam Manufaktur Agil. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 9459–9468.
Diterbitkan
2024-01-16