HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PENGGUNA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DI RSU SINAR HUSNI KECAMATAN LABUHAN DELI MEDAN TAHUN 2014
Abstract
Dalam era globalisasi sekarang ini, berbagai tantangan tentu saja oleh setiap rumah sakit . kini rumah sakit merupakan bagian integral dari sitem pelayanan kesehatan. Sejalan dengan ini upaya peningkatan mutu di RSU Sinar Husni harus diciptakan dan dilaksanakan secara terukur dan berkesinambungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasaan pasien rawat inap penggunan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSU Sinar Husni Medan. Metode penelitian deskritif analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 474 orang, untuk memperoleh sampel maka digunakan metode probability sampling, sehingga di dapat sampel penelitian 82 orang. Metode pungumpulan data yaitu data primer dan data sekunder. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat.Pada penelitian ini ditemukan responden lebih banyak yang tidak puas yaitu yaitu 48 orang (58,5%) dan yang puas hanya 34 orang (41,5%). Variabel yang paling berpengaruh dengan tingkat kepuasan rawat inap pengguna JKN adalah variable variabel empathy , variabel responsiveness dan variabel reabilithy. Sedangkan pada variabel tangibles dan variabel assurance tidak memiliki hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap pengguna JKN. Perlu memperhatikan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan terutama pada variabel tangibles dan assurance. Perlu diadakan pelatihan-pelatihan berkelanjutan bagi perawat.