PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN STUNTING DI DESA CINTA RAKYAT

  • Sopyah Anggraini Anggraini Universitas Imelda Medan
  • Sarmaida Siregar Universitas Imelda Medan
  • Ratna Dewi Universitas Imelda Medan
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Ibu Hamil, Pencegahan Stunting, Media Audio Visual

Abstract

ABSTRAK

 

Stunting atau kurang gizi kronik adalah suatu bentuk lain dari kegagalan pertumbuhan, dan kurang gizi kronik. Stunting dapat juga terjadi sebelum kelahiran dan disebabkan oleh asupan gizi yang sangat kurang saat masa kehamilan, (Unicef Indonesia, 2012). Stunting dipengaruhi oleh faktor pendapatan keluarga, pengetahuan gizi ibu, pola asuh ibu, riwayat infeksi penyakit, riwayat imunisasi, asupan protein, dan asupan ibu. Asupan ibu terutama saat hamil merupakan salah satu faktor yang berperan penting. Gizi janin bergantung sepenuhnya pada ibu, sehingga kecukupan gizi ibu sangat mempengaruhi kondisi janin yang dikandungnya. Ibu hamil yang kurang gizi atau asupan makanan kurang akan menyebabkan gangguan pertumbuhan janin dalam kandungan (Picauly, 2013).

Dalam hal mengurangi angka kejadian stunting pada ibu hamil dapat dilakukan melalui promotif dan preventif. Salah satu upaya tersebut adalah melakukan pendidikan kesehatan dengan menggunakan media. Media memberikan informasi dan edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan sikap yang positif terhadap pencegahan stunting. Hal ini yang menjadi salah satu alasan utama peneliti untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap pada  ibu hamil tentang pencegahan stunting di Desa Cinta Rakyat.

Jenis penelitian adalah kuantitatif yang dilaksanakan di Desa Cinta Rakyat dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap pada  ibu hamil tentang pencegahan stunting di Desa Cinta Rakyat. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling jenis purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 42 orang. Hasil penelitian menunjukan Ibu hamil ada perbedaan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap Ibu hamil  sebelum dan sesudah intervensi menggunakan media audio visual dengan p value 0,001 (p < 0,05).

Hasil dari penelitian ini diharapkan kepada Ibu hamil di Desa Cinta Rakyat dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap serta informasi sehingga dapat pencegahan terjadinya stunting pada bayi yang dilahirkan.

Published
2020-03-31
How to Cite
Anggraini, S. A., Siregar, S., & Dewi, R. (2020). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN STUNTING DI DESA CINTA RAKYAT. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 6(1), 26-31. https://doi.org/10.52943/jikebi.v6i1.379

Most read articles by the same author(s)