PENGARUH PEMBERIAN INFUSED WATER LEMON (Citrus Limon) DAN JAHE MERAH (Zingiber Officinale Varietas Rubrum) UNTUK MENURUNKAN MUAL-MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI KLINIK PRATAMA MARIANA MEDAN TAHUN 2020

  • Fitri Yana Kaban
  • Bella Vetriyasa Universitas Prima Indonesia
  • Desy Khairani Universitas Prima Indonesia
  • Chrismis Novalinda Ginting Universitas Prima Indonesia
Keywords: Infused Water Lemon, Mual Muntah, Ibu Hamil

Abstract

Kehamilan menyebabkan terjadinya perubahan fisik, psikis dan hormonal pada tubuh ibu hamil. Hal ini menimbulkan berbagai keluhan yang dialami ibu, salah satunya adalah mual dan muntah atau sering disebut Morning sickness yang biasanya terjadi diawal kehamilan (trimester I). Mual muntah yang dialami oleh ibu hamil dikarenakan adanya peningkatan kadar hormon estrogen dan progesterone yang diproduksi oleh Human Chorionic Gonadotropine (HCG) dalam serum dari plasenta. Morning sicknes terjadi tidak hanya di pagi hari melainkan bisa terjadi setiap saat siang bahkan malam hari. Tujuan Umum, untuk mengetahui pengaruh pemberian infused water Lemon dan Jahe Merah untuk menurunkan mual-muntah pada Ibu Hamil Trimester I di Klinik Pratama Mariana Medan Tahun 2020. Rancangan eksperimen semu (quasy ekspriment) yaitu dengan pendekatan one group pretest dan post-tes. uji Wilcoxon Signed Rank Testpre dan post diperoleh hasil dari nilai  Z sebesar 3,397 dengan nilai p-value sebesar 0,001. Dari nilai uji p-value 0,001<0,005 (H0 ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa  terdapat perbedaaan antara sebelum dilakukan pemberian Infused Water Lemon dan sesudah diberikan Infused Water Lemon. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian Infused Water Lemon (citrus limon) dan Jahe Merah (zingiber officinale varietas rubrum) untuk menurunkan mual-muntah pada Ibu Hamil Trimester I.

References

Ayu Dwi Putri. 2017. Asuhan Kehamilan Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Ummi dan Mahmudah. 2014. Pengaruh Pesalinan dan Kompliksi, edisi 3. Jakarta: EGC.
Anis Novitasari. 2017. Pengaruh Infused Water Lemon (Lemon dan Jahe Emprita) Terhdap Keluhan Mual Muntah Ibu Hamil Trimester I di Klinik Pratama Nur Hikmah Gubuk edisi Januari- Juni 2017.
Ummi Hasana dkk. 2014. Efektivitas Pemberian Wedng Jahe Terhadap Penurunan emesis. ISSN 81-87. Vol. 3 No.1 2014.
Siti Rofi’ah ddk. 2019. Efektivits Aromaterapi Lemon Untuk Mengatasi emesis Garavidarum, Jurnal Kebidnnan I. ISSN 2089-7669.
Rahmi fitri. 2013. Efektifitas Jahe Untuk Menurunkan Mual Muntah pada Kehamilan Trimester I Jurnal Vol 1 No.2.
Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2021-03-17
How to Cite
Kaban, F. Y., Vetriyasa, B., Khairani, D., & Ginting, C. N. (2021). PENGARUH PEMBERIAN INFUSED WATER LEMON (Citrus Limon) DAN JAHE MERAH (Zingiber Officinale Varietas Rubrum) UNTUK MENURUNKAN MUAL-MUNTAH PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DI KLINIK PRATAMA MARIANA MEDAN TAHUN 2020. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 7(1), 1-5. Retrieved from https://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEBIDANAN/article/view/451