HUBUNGAN PELAYANAN KOMUNIKASI DAN EDUKASI PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RS MEDIROSSA CIKARANG

  • Sri Ayu Fatmayanti Universitas Jenderal Achmad Yani
  • Mira Asmirajanti Universitas Esa Unggul
  • Setiawati Universitas Jenderal Achmad Yani
Kata Kunci: Komunikasi dan Edukasi, Kepuasan Pasien, Perawat

Abstrak

Latar Belakang : Perawat merupakanu jung tombak kesembuhan pasien selama berada di rumah sakit, memberikan pelayanan yang baik melalui komunikasi dan edukasi yang baik sehingga pasien merasakan pelayanan yang memuaskan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasan pasien dan keluarga adalah dengan menerapkan komunikasi dan edukasi perawat selama pasien dirawat di rumah sakit. Kepuasan pasien merupakan salah satu tingkat pencapaian penerimaan dan respon terhadap pelayanan kesehatan yaitu berupa komunikasi, jika perawat tidak berkomunikasi dengan baik maka akan menimbulkan ketidakpuasan pada pasien dan keluarga. Tujuan: Untuk menganalisis hubungan komunikasi perawat dengan pendidikan dan kepuasan di RS Medirossa Cikarang. Objek penelitian ini adalah pasien rawat inap di RS Medirossa Cikarang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelayanan Komunikasi Dan Edukasi perawat di RS Meddirossa Cikarang dan variabel terikat yaitu kepuasan pasien di RS Meddirossa Cikarang.  Metode : Desain penelitian menggunakan metode cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalani perawatan di ruang rawat inap selama >4 hari di RS Medirossa Cikarang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2023. Teknik pengumpulan datanya adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 141 responden. Hasil: penelitian ini berdasarkan karakteristik responden berusia 46-55 tahun yaitu 34 responden 24,1%. Jenis kelamin responden berjenis kelamin laki-laki yaitu 85 responden 60,3%, pendidikan tamat SMA yaitu 71 responden 50,4%, responden sebagai pekerja swasta sebanyak 45 responden 31,9%. Komunikasi dan edukasi perawat terhadap pasien ditemukan sesuai sebanyak 72 responden (51,1%). Kepuasan pasien ditemukan memuaskan sebanyak 83 responden (58,9%). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara komunikasi dan pendidikan perawat dengan kepuasan pasien di RS Medirossa Cikarang dengan p value <0,001. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustrianti, P. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Efektivitas Komunikasi Perawat dan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Harapan Mulia Kabupaten Bekasi tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 2(1).

Anfal, A. L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan Tahun 2018. Excellent Midwifery Journal, 3(2), 1-19.(Anfal, n.d.).

Dewi, L. (2021). Literatur Review: Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 13(2).

Effendy, Onong Uchjana. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.

Harahap, T. H. (2019). Perlunya Penerapan Interprofesional Colaboration Terhadap Keselamatan Pasien.

Khayati, F. N., Nabilla, N., & Suparti, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Lembar BalikTerhadap Tingkat Pengetahuan Orangtua Tentang Perkembangan Anak Kejang Demam. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(1),

Menkes RI. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Pramadia, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien Meulaboh. AT-TASYRI': Jurnal Ilmiah Prodi Muamala, 11(2), 177-189.

Pamungkas, M. H. (2023). Komunikasi Di Rumah Sakit DR. Soetomo.

Pujianto, E., & Putra, F. A. (2023). Hubungan Pengetahuan Perawat Tentang Keselamatan Pasien Dengan Kepatuhan Identifikasi Pasien Dan Penerapan Prinsip Benar Pemberian Obat Pada Pasien Di RSJD Surakarta. SENRIABDI, 41-55.

Purwanto, E. (2021). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Dr. H. Chasan Boesoirie Kota Ternate.

Rahardjo, dkk (2023). Promosi Dan Pendidikan Kesehatan dan Pendidikan DiMasyarakat (Strategi dan Tahapannya).

Transyah, C. H., & Toni, J. (2018). Hubungan penerapan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasaan pasien. Jurnal Endurance penerapan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien. Jurnal Endurance, 3(1), 88-95

Teguh. S & Adiul Ilham (2017). Peran Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan Di Pelayanan Kesehatan. 7.

Undang-Undang RI Nomor 56 Tahun 2014 tentang Rumah Sakit. Jakarta.

Diterbitkan
2024-10-02