HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Masri Saragih Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Erwin Silitonga Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Taruli Rohana Sinaga Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mutia Mislika Universitas Sari Mutiara Indonesia
Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Motivasi Belajar

Abstrak

Pandemi Covid 19 memberikan dampak yang signifikan dalam keberlangsungan hidup manusia, salah satu dampaknya adalah proses pembelajaran. Proses pembelajaran berubah total dari laring menjadi daring dan ini perlu adaptasi bagi seluruh mahasiswa yang sama sekali belum pernah mengenal metode pembelajaran daring, hal ini akan berdampak pada motivasi mahasiswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu dukungan keluarga sangat penting bagi mahasiswa selama  proses pembelajaran anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa selama pandemi covid 19. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasi, dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat 4 Program Studi Ners Universitas Sari Mutiara Indonesia dengan jumlah 85 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat Pengumpulan data untuk dukungan keluarga dan motivasi belajar mahasiswa menggunakan kuesioner penelitian dan dianalisis dengan uji statistik Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan keluarga mayoritas sedang (43,5%), sedangkan motivasi belajar mahasiswa selama pandemi covid 19 mayoritas sedang (43,5%) dan terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar mahasiswa selama pandemi covid-19 dengan nilai p-value 0,000 (p<0,05) dan memiliki hubungan yang sangat kuat dengan koefisien korelasi sebesar 0,787. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi dukungan keluarga maka semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa selama pandemi Covid-19. Disarankan bagi keluarga untuk melakukan pemantauan dan memotivasi semangat anak dalam mengikuti pembelajaran selama pandemi covid-19.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Azwar. (2019). Prinsip-prinsip Kesehatan. Binarupa Aksara Cipta, Jakarta.
Helker, K. Wosnitza, M. (2016). “The Interplay of Students’ and Parents’ Responsibility Judgements in The School Context and Their Associations with Student Motivation and Achievement”.http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0883035515301373. Diakses tanggal 18 Juni 2015.
Hidayani, S.(2011). Hubungan Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs AlMukarromin Wadak-Kidul Duduk sampeyan Gresik. Diunduh darihttp://Iib.Uinmalang.ac.id/thesis/chapter_ii/07410109-suci-hidayani.ps.
Kumala, A. A. S. C. (2012). “Hubungan Antara Tipe Kepribadian dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester VIII Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana”, (Online), (http://www.google.com/url? sa=t&rct=i&q=&esrc=s&source=web&cd=5&ved=0CEcQFiAE&url.
Mahase, E. (2020). Coronavirus: covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate . The BMJ
Partini dan Rivai, Z.A. (2013). Peran Keluarga Inti dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Remaja. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/1161 7/3972/ A24.pdf?sequence=1. Diakses tanggal 2 Juni 2015.
Purwanto, M.N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Safitri, F. (2013). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan STIKes U’budiyah Banda Aceh. http://simtakp.uui.ac.id/dockti/ Faradilla_Safitri-skripsi_dilla. pdf. Diakses tanggal 16 November 2014.
Sohrabi, C., Alsafi, Z., O'Neil, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Aghad, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery.
Diterbitkan
2021-03-30