PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TM III TENTANG PENTINGNYA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF

  • Hotmauli Sitanggang Universitas Imelda Medan
  • Risa Tantry Gultom Universitas Imelda Medan
Keywords: Pengetahuan, Ibu Hamil Trimester III, ASI Eksklusif

Abstract

ASI merupakan salah satu makanan yang sempurna dan yang terbaik bagi bayi karena mengandung unsur-unsur gizi yang dibutuhkan oleh bayi dan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pemberian ASI merupakan salah satu cara untuk memberikan nutrisi terbaik bagi bayi dan memperkuat ikatan antaraibu dan bayi. ASI mengandung zat antibody pembentuk kekebalan tubuh yang bisa membantu melawan bakteri virus sehingga bayi yang diberi ASI berisiko lebih kecil untuk terserang penyakit seperti: penyakit diare, asma, alergi, infeksi telinga, infeksi saluran pernapasan, sembelit, sindrom kematian bayi mendadak dan meningitis. Tujuan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil TM III tentang pentingnya pemberian ASI eksklusif. Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini yaitu dengan pemaparan materi dengan metode ceramah menggunakan media komunikasi seperti leaflet. Jumlah responden sebanyak 25 orang, dilaksanakan pada September 2023. Pre test dan Post test dilakukan untuk mengevaluasi pengetahuan ibu yang dilakukan saat sebelum dan sesudah penyuluhan. Hasil evaluasi pengetahuan ibu sebelum dilakukan penyuluhan didapatkan 5 orang (20%) pada kategori baik dan terjadi peningkatan pengetahuan ibu menjadi 22 orang (88%) setelah penyuluhan pada kategori baik. Capaian hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini yaitu laporan jurnal publikasi dan telah dilaksanakan.

References

Aminatussyadiah et al. (2020) ‘Media Informasi Dan Tingkat Pendidikan Berhubungan Dengan Kehamilan Remaja Indonesia’, Jurnal Kebidanan, 9(2), pp. 173–177.

Fadhilah, N. and Prabamurti, P. N. (2020) ‘Leaflet, Booklet Dan Video Untuk Tingkatkan Pengetahuan, Sikap, Keyakinan Dan Niat Ibu Remaja Mengenai Pemberian Asi Eksklusif’, Masyarakat (e-Journal), 8, pp. 700–707.

Notoatmodjo (2017) Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Nugraeny et al. (2022) ‘Terapi Akupresur Untuk Melancarkan Asi Pada Ibu Menyusui Di Klinik Madina Medan Tembung’, JUKESHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 231–35.

Paradila et al. (2021) ‘Faktor Yang Mempegaruhi Persiapan Menyusui Pada Ibu Hamil Usia Remaja’, Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, pp. 1914–18.

Rohman et al. (2021) ‘Status Gizi Dan Usia Ibu Mempengaruhi Pemberian Asi Eksklusif’, Proceeding Book National Symposium and Workshop Continuing Medical Education, (XIV), pp. 1143–55.

Sabriana et al. (2022) ‘Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Pemberian ASI Eksklusif’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11, pp. 201–7.

Susiloningtyas (2012) ‘PEMBERIAN ZAT BESI (Fe) DALAM KEHAMILAN’, Majalah Ilmiah Sultan Agung, (50), p. 128.

Published
2023-11-30
How to Cite
Sitanggang, H., & Gultom, R. T. (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TM III TENTANG PENTINGNYA PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (Ji-SOMBA), 3(1), 1-4. https://doi.org/10.52943/ji-somba.v3i1.1521