PENTINGNYA PEMBUATAN KEMASAN SERTA LABELING HOME INDUSTRI KUE BASAH DAN KUE KERING KECAMATAN MEDAN SELAYANG
Abstract
Pembuatan kemasan mempunyai pengaruh yang besar terhadap minat konsumen, karena produk tersebut akan terlihat menarik secara visual dan higienis. Para wirausaha juga perlu mengemas dengan bijak sekaligus memberi label pada produknya agar masyarakat mengetahui produk apa yang dijualnya. Pembuatan kemasan dan label yang menarik akan membuat produk yang dijual dapat bersaing dan laku di pasaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan memberikan penyuluhan secara langsung, demonstrasi dan pendampingan dalam pelaksanaan dengan memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mitra mengenai pengelolaan usaha serta pentingnya pengemasan dan pelabelan kue untuk menciptakan kue basah dan kering yang higienis. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman ibu-ibu pemilik industry kue basah dan kue kering tentang pentingnya manajemen wirausaha yang baik untuk bersaing di pasaran , peningkatan pemahaman dalam pembuatan kemasan produk yang unik dan peningkatan pemahaman dalam pembuatan labelling produk. Capaian keseluruhan adalah ibu-ibu yang berwirausaha menguasai ilmu pengetahuan tentang pengelolaan proses produksi dalam menghasilkan lebih banyak produk/barang.
References
Hakim, L., Fitri, M. A., & Yafi, M. (2023). Optimalisasi Potensi UMKM Dompet Kulit melalui Pelatihan Pengemasan Produk, Desain Label dan Bantuan Alat Produksi. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1670–1676. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3336
Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.32502/sa.v1i2.2296
Lowe, G. F. (2016). Managing Media Firms and Industries. In Managing Media Firms and Industries. https://doi.org/10.1007/978-3-319-08515-9
Mashuri, M., Eryana, E., & Ezril, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pedagang Pasar Sukaramai Di Kecamatan Bengkalis. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(1), 138–154. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i1.158
Meliza, M. (2022). Pelatihan Pengemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Ikan Nila Desa Degayu Pekalongan Utara. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(2), 51–54. https://doi.org/10.51747/abdipancamarga.v3i2.981
Permatasari, I., Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty, R. (2023). Strategi Produk Dengan Pelatihan Pengemasan Produk Pada Kelompok Usaha Keripik Singkong Rk. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2914
Prayusi, N. D., & Andriani, E. (2023). The Role of Food Product Packaging Labels on Product Purchase Interest. Bulletin of Culinary Art and Hospitality, 2(2), 57–60. https://doi.org/10.17977/um069v2i22022p57-60
Purnaningrum, E., Masnuah, M., & Hanifah, H. Z. (2018). Pengembangan Pemasaran Oline dan Pengemasan Produk Berperan Terhadap Hasil Daya Jual. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 29–34.
Sudiatmika, I. B. K., Fredlina, K. Q., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2020). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 270–275. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10535
Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1), 107–116.