PENGGUNAAN KARTU IDENTITAS BEROBAT DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS HELVETIA MEDAN

  • Yeyi Gusla Nengsih Universitas Imelda Medan
  • Puput Melati Hutauruk Universitas Imelda Medan
Keywords: Kartu Identitas Berobat, Kualitas, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Helvetia Medan

Abstract

Kartu Identitas Berobat (KIB)  merupakan kartu identitas milik pasien di suatu instansi untuk meningkatkan kuliatas pelayanan kesehatan, terutama dibagian pendaftaran pasien. Kartu Identitas Berobat ini berpengaruh terhadap kinerja petugas pendaftaran dalam mendata pasien yang ingin berobat. Namun di Puskesmas Helvetia Medan masih ditemukan fakta bahwa kesadaran pasien terhadap pentingnya membawa KIB ketika berobat masih sangat rendah. Hal ini berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Helvetia Medan terutama dibagian pendaftaran pasien menjadi lambat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Puskesmas Helvetia Medan, dengan tujuan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang fungsi dan manfaat KIB ketika berobat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan secara langsung ke Puskesmas Helvetia Medan meliputi pemaparan materi, mendesain ulang KIB, membuat banner tentang pentingnya KIB. Hasil dari kegiatan kepada masyarakat ini adalah meningkatkan persentasi kesadaran masyarakat terhadap pentingnya KIB yang awalnya 14% menjadi 67%.

References

Hatta, Gemala. R. 2013. “Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di sarana Pelayanan Kesehatan (Revisi 2). Jakarta : Universitas Indonesia”.

Permenkes RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Rustiyanto, Ery. 2011. “Etika Profesi Perekam Medis & Informasi Kesehatan”. Graha Ilmu: Yogyakarta
Published
2022-05-31
How to Cite
Gusla Nengsih, Y., & Melati Hutauruk, P. (2022). PENGGUNAAN KARTU IDENTITAS BEROBAT DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS HELVETIA MEDAN. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (Ji-SOMBA), 1(2), 42-47. https://doi.org/10.52943/ji-somba.v1i2.790