GAMBARAN PENGETAHUAN PESERTA BPJS TERHADAP ALUR PELAYANAN RAWAT JALAN DI RSU. IMELDA PEKERJA INDONESIA (IPI) MEDAN PERIODE NOVEMBER-JANUARI TAHUN 2017
Abstract
BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan. BPJS Kesehatan ini merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program kesehatan. Penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan data primer yang dilakukan dengan pengisian lembar kuesioner oleh responden. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta BPJS Kesehatan atau keluarga peserta BPJS Kesehatan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 responden. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bsgaimana tingkat pengetahuan peserta BPJS Kesehatan terhadap alur pelayanan rawat jalan di RSU. Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2017. Lokasi Penelitian dilakukan di RSU. Imelda Pekerja Indonesia Medan. Waktu penelitian dilakukan dari periode November-Januari Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden dengan kategori berumur 21-25 tahun sebanyak 15 orang (42,9 %), minoritas berumur 31-35 orang (17,1%). Berdasarkan Pendidikan terakhir mayoritas responden yaitu tamatan SMA sebanyak 16 orang (45,8%). Minoritasnya yaitu tamatan sd sebanyak 2 orang (5,7%). Berdasarkan pekerjaan mayoritas responden yang bekerja sebanyak 24 orang (68,6%) dan minoritas responden yang tidak bekerja sebanyak 11 orang (31,4%). Berdasarkan sumber informasi mayoritas responden memperoleh informasi dari media cetak sebanyak 14 orang (40%), dan minoritas responden memperoleh informasi dari media massa sebanyak 10 orang (28,6%). Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden dengan kategori baik sebanyak 26 responden (74,2%) dan minoritas responden dengan kategori kurang baik berjumlah 9 orang (25,8%). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan tingkat pengetahuan peserta BPJS terhadap Alur pelayanan rawat jalan sangat baik.