GAMBARAN STATUS GIZI TERHADAP KEJADIAN TB PARU DI RUMAH SAKIT IMELDA MEDAN TAHUN 2018

  • Sarmaida Siregar Staf Pengajar Prodi D-III Keperawatan STIKes Imelda Medan
  • Vita Sari Tampubolon Alumni STIKes Imelda
Keywords: Status gizi, Penyakit TB Paru

Abstract

Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TBC (Mycobacterium tuberculosis). Salah satu faktor yang mempengaruhi terjangkitnya penyakit tuberkulosis paru adalah status gizi. Status gizi yang yang buruk akan meningkatkan risiko  penyakit tuberkulosis paru. Sebaliknya, tuberkulosis paru berkontribusi menyebabkan status gizi buruk karena proses perjalanan penyakit yang mempengaruhi daya tahan tubuh. Hal ini yang menjadi salah satu alasan utama peneliti untuk mengetahui gambaran status gizi terhadap kejadian TB Paru di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan .

Jenis penelitian adalah deskriptif yang dilaksanakan di Rumah Sakit Imelda dan bertujuan untuk mengetahui gambaran Status Gizi terjadap kejadian TBParu di Rumah Sakit Imelda Medan. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 45 orang. Hasil penelitian menunjukan status 5gizi pada pnderita TB  Paru dengan kriteria kurang tingkat berat sebanyak 17 responden (37,78%), dengan kriteria kurang tingkat ringan sebanyak 9 responden (20%), dengan kriteria normal sebanyak 19 responden (42,22%), sedangkan tidak ditemukan responden dengan kriteria lebih tingkat ringan.

Hasil dari penelitian ini diharapkan kepada perawat di Rumah sakit Imelda Medan  untuk melakukan upaya penyuluhan atau pemberian informasi mengenai cara pencegahan, penularan, tanda, gejala tuberkulosis paru, dan hal-hal yang dapat menghambat penyembuhannya seperti merokok baik kepada penderita maupun kepada orang-orang yang berada di sekitar penderita sehingga penularannya dapat dicegah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-27
How to Cite
Siregar, S., & Sari Tampubolon, V. (2018). GAMBARAN STATUS GIZI TERHADAP KEJADIAN TB PARU DI RUMAH SAKIT IMELDA MEDAN TAHUN 2018. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA, 4(2), 111-115. https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v4i2.292