IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN KOMUNIKASI MAHASISWA KEPERAWATAN

  • Muhamad Ibnu Hasan Politeknik Harapan Bersama Tegal
  • Nanda Bachtiar Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal
Kata Kunci: Role Play, Komunikasi Terapeutik, Mahasiswa Keperawatan

Abstrak

Komunikasi merupakan ketrampilan yang sangat penting bagi seorang perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Data menunjukkan bahwa lulusan baru program pendidikan perawat masih harus melakukan upaya yang esktra untuk melakukan komunikasi dengan pasien.  Upaya untuk meningkatkan pengalaman berkomunikasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan simulasi dengan teknik role play bagi mahasiswa keperawatan dalam setiap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode role play pada pembelajaran komunikasi mahasiswa keperawatan di program studi diploma tiga keperawatan Politeknik Harapan Bersama kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain one group pre test and post test design dengan menggunakan total sampling sebanyak 51 mahasiswa keperawatan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi komunikasi terapeutik, perilaku komunikasi serta pelaksanaan role play. Role play dirancang sesuai dengan topik komunikasi terapeutik oleh masing-masing kelompok dengan memperhatikan tahapan pembuatan role play yang diukur menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan skor rata-rata kemampuan komunikasi terapeutik pre dan post perlakuan dengan nilai taraf signifikansi p = 0,000 serta perbedaan perilaku komunikasi pre dan post perlakuan dengan nilai taraf signifikansi p = 0,000. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa role play berpengaruh terhadap kemampuan dan perilaku komunikasi terapautik pada mahasiswa keperawatan, sehingga dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran agar tercapai kemampuan komunikasi terapeutik yang baik pada mahasiswa keperawatan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Lecture of basic and management of nursing in Nursing Departement of 3rd Diploma Nursing Program Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal 

Referensi

Ahmady, D., & Luqman. (2021). Factors Affecting Nurses for Doing Therapeutic Communication Therapy to Clients at Mon Geudong Puskesmas Lhokseumawe. Jurnal Kesehatan Akimal, 1(10), 24–33.

Clark, C. (2016). Watson’s Human Caring Theory: Pertinent Transpersonal and Humanities Concepts for Educators. Humanities, 5(2), 21. https://doi.org/10.3390/h5020021

Clark, R. (2009). Accelerating Expertise With Scenario-Based Learning. The American Society For Training and Development, 84–86. Retrieved from www.astd.org/ content/education/certificatePrograms/essentialsSeries/

Dawood, E. (2013). Nursing Students’ Perspective about Role – Play as a Teaching Strategy in Psychiatric Nursing. 4(4). Retrieved from http://ezproxy.net.ucf.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=edsoai&AN=edsoai.838678051&site=eds-live&scope=site%5Cnhttp://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/4515/4583%5Cnhttp://www.iiste.org/Journals/index.php

Etlidawati, & Linggardini, K. (2019). Penerapan Komunikasi Terapeutik Mahasiswa Keperawatan Dalam Praktek Klinik Keperawatan Dasar Dirumah Sakit. Seminar Nasional, 107–112. Retrieved from https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/22/22

Fitriani, L., & Santosa, B. (2022). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Terapeutik Dengan Metode Role Playing Pada Siswa Asisten Keperawatan Smk Muhammadiyah Lumajang. Penelitian Tindakan Kelas, 5(1), 100–107.

Gamanik, N. M., Sanjaya, Y., & Rusyati, L. (2019). Role-Play Simulation for Assessing Students’ Creative Skill and Concept Mastery. Journal of Science Learning, 2(3), 71–78. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i3.14848

Jayasinghe, R. M., & Abeysundara, S. (2020). Knowledge , Attitude and Practice on Therapeutic Communication among Nurses in Teaching Hospitals , Kandy District , Sri Lanka Category : Research Article Knowledge , Attitude and Practice on Therapeutic Communication among Nurses in Teaching Hospitals , . (February 2021).

Karatay, G., & Gürarslan Baş, N. (2017). Effects of Role-Playing Scenarios on the Self-efficacy of Students in Resisting Against Substance Addiction: A Pilot Study. INQUIRY: The Journal of Health Care Organization, Provision, and Financing, 54(2), 1–6. https://doi.org/ps://doi.org/10.1177/0046958017720624DOI: 10.1177/0046958017720624

Leonard, J., & Stephens, K. (2022). Improving Communication and Collaboration Skills in Graduate Nurses : An Evidence- based Approach. OJIN: The Online Journal of Issues in Nursing, (2), 1–7.

Nair, B. T. (2019). Role play – An effective tool to teach communication skills in pediatrics to medical undergraduates. Journal of Education and Health Promotion, 8(2), 1–10. https://doi.org/DOI: 10.4103/jehp.jehp_162_18

Naro, W., & Samsibar. (2018). The Effectiveness Of Role Play Method Toward Students’ Motivation In English Conversation. English, Teaching, Learning and Research (ETERNAL) Journal, 4(1), 107–116. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24252/Eternal.V41.2018.A8

Sharifabad, Mohammad Ali Morowati Fard, Mohammad Rafati, Ardakani, M. F., Ahmadabad, A. D., & Sotudeh, A. (2019). Determinants of Effective Nurse-Patient Communication Based on The Health Action Process Approach in Yazd Hospitals. Hormone Molecular Biology and Clinical Investigation, 20, 1–8.

Sulistiyana, S. (2016). UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MENGGUNAKAN LATIHAN ASERTIF DI SMP NEGERI 1 BANJARBARU. JURNAL KONSELING GUSJIGANG, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.552

Theisen, J. L., & Sandau, K. E. (2013). Competency of new graduate nurses: A review of their weaknesses and strategies for success. Journal of Continuing Education in Nursing, Vol. 44, pp. 406–414. https://doi.org/10.3928/00220124-20130617-38

Vogel, D., Meyer, M., & Harendza, S. (2018). Verbal and Non-Verbal Communication Skills Including Empathy during History Taking of Undergraduate Medical Students. Verbal and Non-Verbal Communication Skills Including Empathy during History Taking of Undergraduate Medical Students, 18, 157. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12909-018-1260-9

Wiseno, B. (2019). Pengalaman Pembelajaran Laboratorium Keperawatan Jiwa Metode Role play Pada mahasiswa Diploma III Keperawatan STIKES Pamenang. Jurnal Ilmiah Pamenang, 1(1), 31–38.

Wulandari, A. T., Pratolo, B. W., & Junianti, R. (2021). Students’ perception on the use of role-play to improve students’ communicative competence. UADTEFL International Conference, 2, 137. https://doi.org/10.12928/utic.v2.5748.2019

Yen, P. Y., Kellye, M., Lopetegui, M., Saha, A., Loversidge, J., Chipps, E. M., … Buck, J. (2018). Nurses’ Time Allocation and Multitasking of Nursing Activities: A Time Motion Study. AMIA ... Annual Symposium Proceedings. AMIA Symposium, 2018, 1137–1146.

Diterbitkan
2023-09-30