ANALISIS MUTU LAYANAN UNIT REKAM MEDIS BERDASARKAN KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMEN DI RSU IPI MEDAN TAHUN 2018

Penulis

  • Siti Permata Sari Lubis Dosen APIKES Imelda
  • Putri Zebua Alumni APIKES Imelda

DOI:

https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v5i1.310

Kata Kunci:

Service Quality, Quality Function Deployment, House of Quality

Abstrak

Penyelenggaraan rekam medis yang menjadi salah satu indikator mutu pelayanan rumah sakit. Untuk meningkatkan kualitas layanan, yaitu kepuasan konsumen maka dilakukan analisa dengan menggunakan metode Service Quality dengan teknik Quality Function Deployment (QFD). Tujuan penelitian ini Untuk menganalisis mutu layanan Unit rekam medis di RSU IPI Medan berdasarkan kepuasan pelanggan internal dengan metode service quality dan quality function deploymen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang dilakukan pada bulan juni-juli 2018 dengan sampel 44 pelanggan internal dari 220 pelanggan internal RS. Hasil gab Ruang Penyimpanan yang luas (-136), Jumlah Pegawai (-97), Keamanan penyimpanan berkas rekam medis (-94),  Letak gedung (URM) yang strategis dari rawat inap (-83), Kesesuai informasi (-57). Berdasarkan House of Quality tool dari Quality Function Deployment, perbaikan yang direkomendasikan  berdasarkan gab terbesar. Kepada pihak rumah sakit diharapkan memenuhi kebutuhan pelanggan internal untuk meningkatkan mutu layanan unit rekam medis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-18

Cara Mengutip

Permata Sari Lubis, S., & Zebua, P. (2019). ANALISIS MUTU LAYANAN UNIT REKAM MEDIS BERDASARKAN KEPUASAN PELANGGAN INTERNAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMEN DI RSU IPI MEDAN TAHUN 2018. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA, 5(1), 63–69. https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v5i1.310

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama