HUBUNGAN LAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN OLEH PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP SAKURA RUMAH SAKIT UMUM IMELDA PEKERJA INDONESIA MEDAN

  • Imelda Liana Ritonga Universitas Imelda Medan
  • Muhammad David Universitas Imelda Medan
Kata Kunci: Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien

Abstrak

Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif.Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, makapelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien.Hal ini terutama sangat penting bagi pelayananpublik. Penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat sebagai mana yang dilakukan Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan,perlu mendapatkan perhatian, khususnya dalam kualitas pelayanan agar sesuai dengan kebutuhan dan harapanmasyarakat. Penelitian ini memfokuskan pada mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien di Instlasi RawatInap Ruang Sakura Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  Layanan Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Sakura Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftip korelasi dengan pendekatan cross sectional, sedangkananalisis data yang digunakan adalah uji statistik korelasi Roh Spearman.Populasi dalam penelitian ini adalah pasienyang dirawat di Instalasi Rawat Inap  ruang sakura RSU IPI Medan yaitu 31 pasien yang dirawat inap. Adapun jumlah sampel 31 responden dengan cara pengambilan sampel Purposive Sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa mutu pelayanan keperawatan di Intalasi rawat Inap RSU IPI kategori Baik adalah 20 responden (64,5 %), kategori cukup 6 responden (19,4 %) dan kategori kurang sebanyak 5 orang (16,1 %). Kesimpulanya adalah Ada hubungan ( r = 0,615 )   antara mutupelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien, dimana semakin tinggi mutu pelayanan keperawatan maka semakintinggi pula kepuasan pasien.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Asmuji. 2013. Manajemen Keperawatan Konsep Dan Aplikasi. Yogyakarta: Arruz Madia.

Andriani. 2009. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Magelang. Www.Goole.Com Diakses Tanggal 06 Mei 2018.

Aziz, Alimun. 2009. Metode Penelitian Keperawatan Dan Tehnik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Bahtiar. 2013. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Pangkajene Dan Kepulauan. Skripsi. Makassar: Uin Alauddin.

Budiyanto, Andi. 2009. Studi Komparatif Tingkat Kepuasan Pasien Jamkesmas Dan Non Jamkesmas Terhadap Mutu Pelayanan Di Rsud Andi Sultan Daeng Raja Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Makassar: Uin Alauddin.

Kuntoro. 2010. Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Hasibuan, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermanto, D. 2010. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di Rsud Dr. H Soemarno Sastroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hidayat. 2009. Metode Penelitian Keperawatan Dan Tekhnik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Kemenkes RI. 2012. Peta Jalan Menuju Jaminan Kesehatan Nasional 2012-2019. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI. 2013. Buku Pegangan Sosialisasi: Jaminan Kesehatan Nasional Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: Kemenkes RI.

Khatima, H. 2010. Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Jamkesda Terhadap Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Sinjai Kab. Sinjai Tahun 2010. Skripsi. Makassar: Uin.

Nursalam. 2003. Manajemen Keperawatan Aplikasi Dan Praktik Keperawatan Profesioanl. Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Pohan. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Rafina. 2009. Analisis Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasn Pasien Rawat Inap RSUD Bnaten. (http://ilmukeperawatan.com). Diakses tanggal 10 Mei 2018.

Ridwan, Sukandar. 2013. Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Labuang Baji. Skripsi. Makassar : UIN Alauddin.

Sudirman. 2012. Kualitas Pelayanan Berdasarkan Pendekatan Serqual Pada Unit Rawat Inap RSUD Anantaloko Provinsi Sulawesi Tengah. http://www.scribd.com/jurnal penelitian. Diakses pada 6 Mei 2018.

Suharti. 2012. Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan IV Rumah Sakit umum Islam Faisal Makassar. Skripsi. Makassar: UIN.

Suryawati. 2009. Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Tinjauan Teoritis dan Penerapannya pada Penelitian). www.jurnal.ugm.ac.id. Diakses pada tanggal 10 Mei 2014.

Siswati, Sri. 2015. Etika dan Hukum kesehatan dalam Prespektif undang-undang kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo.

Suhati. 2012. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan IV Rumah Sakit islam Makassar. Skripsi. Makassar: UIN.

Sukma. 2012. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Suryawati. 2009. Kepuasan Pasien rumah Sakit (Tinjauan Teoritis dan Penerapannya pada Penelitian). www.jurnal.ugm.ac.id. Diakses pada tanggal 10 Mei 2018.

Trisnantoro. 2006. Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Gajah Mada.

Wahyuni, Dian. 2013. Hubungan Layanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember.

Wulandari, Nofiati. 2015. Hubungan Layanan Keperawatan dengan tingkat Kepuasan Pasien rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ungaran Kabupaten Semarang.

Diterbitkan
2020-09-22