STRES DAN KOPING MAHASISWA KEPERAWATAN SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMIK COVID-19

  • Herna Angelica Universitas Advent Indonesia
  • Evelyn Hemme Tambunan Universitas Advent Indonesia

Abstrak

Pembelajaran tradisional telah berganti menjadi pembelajaran daring oleh adanya kebijakan pencegahan penularan virus Covid-19. Pembelajaran daring adalah pola pembelajaran menggunakan jaringan teknologi internet. Sistem pembelajaran daring  merupakan sistem pembelajaran yang baru di Indonesia dan dapat memicu stres. Koping merupakan tanggapan terhadap perubahan sistem pembelajaran daring tersebut. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran tingkat stres dan koping pada mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia. Populasi dari penelitian yaitu seluruh mahasiswa program studi pendidikan ners tahap akademik dan profesi di Fakultas Ilmu Keperawatan UNAI. Dengan menggunakan metode convenience sampling sebanyak 157 responden  mengisi kuesioner DDAS-42 dan strategi koping yang telah valid. Kuesioner dibagikan melalui google form dan data dianalisa menggunakan distribusi frekuensi untuk melihat gambaran tingkat stres dan koping yang digunakan dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa berada pada tingkat stres normal, sebagian kecil pada tingkat ringan, sedang, parah dan sangat sedikit pada tingkat sangat parah. Hampir sebagian besar mahasiswa menggunakan koping berfokus pada emosi dan sebagian kecil menggunakan koping berfokus pada masalah atau secara seimbang menggunakan kedua strategi koping tersebut.Mahasiswa dan tenaga pendidik diharapkan dapat mengenal  stres dan manajemen koping yang efektif. Menggali faktor-faktor stres dan hubungannya dengan strategi koping dalam pembelajaran daring adalah penting untuk penelitian lebih lanjut.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

American Psychological Association. (2019). Stress relief is within reach. Diakses di https://www.apa.org/topics/stress
Andiarna, F., Kusumawati, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139-149.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. Diakses di https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Barseli, M., Ahmad, R.M., Ifdil, I. (2020). Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnak EDUCATIO, 4(1), 40-47. Diakses di http://jurnal.iicet.org/
Basilaia, G., Dgebuadze, M., Kantaria, M., Chohonelidze, G. (2020). Replacing the classic learning form at universitites as an immediate response to the Covid-19 virus infection in Gerogia. International Journal for Research in Applied Science & Engineering Technology, 8(III)
Damayamti, D.T., Masitoh, A. (2020). Strategi koping siswa dalam menghadapi stres akademik di era pandemi Covid-19. Adacemia Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2), 185-198
Fitriasari, A., Septianingrum, Y., Budury, S., Khamida, K. (2020). Stres pembelajaran online berhubungan dengan strategi koping mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Keperawatan Stikes Kendal, 12 (4), 985-992
Hamzah, B,. Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641 Diakses di http://journal.umpo.ac.id/index.php/IJHS/article/view/2641
Harahap, A,C., Harahap, D.P., Harahap, S.R. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh di masa Covid-19. Biblioconus: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14. Diakses di https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/biblio
Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(3), 53–56. Diakses di http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61
Irwansyah. (2018). Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi. Forum Dosen Indonesia, 2(1),39-50
Iskandar, Masthura, S., & Oktabiyana, C. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Abulyatama. Jurnal Dedikasi Pendidikan,4(2), 323–332.Diakses di http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/download/1058/pdf
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19) di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses di https://drive.google.com/file/d/14q3KYuKKddkQmSKrJXoA5FwCIuJV2IFR/view
Kresna, P. (2016). Dalam Proses Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Tahun 2016. Diakses di https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/66589
Livana,P.H., Mubin, M.F.,& Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208. Diakses di https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/download/590/329
Muiz, M.H., Sumarni, N., Mansyur, A.S., Zaqiah, Q,Y. (2020). Pengaruh teknologi pembelajaran kuliah online di era Covid-19 dan dampaknya terhadap mental mahasiswa. Jurnak Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2). Diakses dari https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987
Ramadhanti, I. F., Hidayati, N. O., & Rafiyah, I. (2019). Gambaran Stressor dan Strategi Koping pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2). Diakses di https://doi.org/10.17509/jpki.v5i2.16635
Rasyida, H. (2020). Efektivitas Kuliah Daring Di Tengah Pandemik. Jurnal Edukasi, 1(November), 1–8. https://edarxiv.org/n9ub2/
Raudha, R., Tahlil, T. (2016). Stres dan strategi koping pada mahasiswa keperawatan. JIM FKep 1(1), 1-7
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. Diakses di https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel Memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Diskusi Ilmiah Jurusan Sosial Ekonomi Fakultas Peternakan UNPAD, November, 1–10.Diakses di http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/penentuan_ukuran_sampel_memakai_rumus_slovin.pdf
Singh, V., & Thruman, A. (2019). How many ways can we define online learning? A systematic literature review of definitions of online learning (1988-2018). American Journal of Distance Education, 33(4), 289-306
Suryati. (2016). Sistem Manajemen Pembelajaran Online , Melalui. Jurnal Raden Fatah, PEMBELAJARAN ONLINE, 60–76.Diakses di http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/2034/1543
Taufik, A. (2019). Perpspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran jarak Jauh di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 3(2), 88-98
Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112.Diakses di https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149. Diakses di http://jurnal.unma.ac.id/index.php/jee/article/view/2218
Yuwono, S. D. (2020). Profil Kondisi Stres Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Dasar Intervensi Dalam Praktek Mikrokonseling. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 132–138.Diakses di http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1729639
Diterbitkan
2021-03-30