PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENOPAUSE DAN OLAH RAGA TEPAT PADA PEREMPUAN PERIMENOPAUSE DI GEREJA SILOAM INJILI (GSI) KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN

  • Ratna Dewi Universitas Imelda Medan
  • Christina Magdalena Tampu Bolon Universitas Imelda Medan
  • Rostinah Manurung Universitas Imelda Medan
  • Sarmaida Siregar Universitas Imelda Medan
  • Nixson Manurung Universitas Imelda Medan
  • Arta Marisi Dame Universitas Imelda Medan
  • Deddy Sepadha Putra Sagala Universitas Imelda Medan
  • Syahrul Handoko Universitas Imelda Medan
Keywords: Menopause, Olah Raga, Perimenopause

Abstract

Pendahuluan: menopause mengacu pada perdarahan menstruasi terakhir dan merupakan proses alami yang dialami semua perempuan paruh baya. Perempuan tanpa adanya perubahan dalam siklus menstruasi dievaluasi sebagai pramenopause, perempuan dengan perubahan dalam siklusnya atau yang terakhir perdarahan menstruasi ≤ 12 bulan sebelumnya dievaluasi sebagai perimenopause, dan perempuan yang mengalami perdarahan menstruasi terakhir tanpa sebab apapun seperti kehamilan, menyusui atau pengobatan > 12 bulan sebelumnya dievaluasi sebagai pascamenopause. Menopause dapat menimbulkan serangkaian gejala seperti: vasomotor, somatik, psikologis, dan seksual dan keluhan utama yang sering muncul yaitu dari vasomotor yaitu hot flashes yang dikaitkan dengan perubahan kadar hormon dan perubahan norepinefrin serta serotonin. Salah satu faktor yang berpengaruh untuk meminimalisir keluhan saat menopause yaitu peningkatan pengetahuan sehingga berpengaruh pada sikap dan perilaku yang dapat dilakukan melalui pendidikan kesehatan. Tujuan: pengabdian masyarakat ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan tentang menopause dan olahraga tepat pada perempuan perimenopause untuk meningkatkan pengetahuan tentang menopause. Metode: pengabdian masyarakat  dilaksanakan di Gereja Siloam Injili kecamatan Medan Perjuangan pada bulan Agustus – Oktober 2024 dengan metode pelaksanaan pengabdian meliputi: observasi, ceramah tanya jawab, dan pelatihan dengan 30 partisipan. Hasil: evaluasi didapatkan peningkatan nilai pengetahuan dengan mayoritas baik setelah dilakukan pengabdian. Kesimpulan: pemberian pendidikan kesehatan tentang menopause dan olahraga tepat pada ibu – ibu perimenopause agar mencapai derajat kesehatan yang optimal, baik fisik, mental, dan sosiial di keluarga dan masyarakat.

References

Batrinos, M. L. (2013). Premenopause: The endocrinology of reproductive decline. Hormones, 12(3), 334–349. https://doi.org/10.1007/bf03401300

Carter, E., Bruinvels, G., Timmins, K., Pedlar, C., & Martin, D. (2024). Menopausal symptoms, exercise practices, and advice received in active women: a multi-country survey of strava app users. Women and Health, 64(1), 23–31. https://doi.org/10.1080/03630242.2023.2284730

Dandannavar, V. S., Doe, S., Kour, H., & Angolkar, M. (2023). Knowledge, Attitude, Symptoms, and Management Practices among Middle-aged Menopausal Women: A Cross-sectional Study. Journal of Clinical and Diagnostic Research, 17(Mdc), 6–11. https://doi.org/10.7860/jcdr/2023/63375.18553

InaSH. (2023). PANDUAN PROMOTIF DAN PREVENTIF HIPERTENSI 2023 (Antonia Anna Lukito (ed.)). Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia.

Kadek Alit Arsani, N. L., & Sudiana, I. K. (2019). The Role of Physical Exercise for Menopausal Women. 278(YISHPESS), 31–34. https://doi.org/10.2991/yishpess-cois-18.2018.8

Koyuncu, T., Unsal, A., & Arslantas, D. (2018). Evaluation of the effectiveness of health education on menopause symptoms and knowledge and attitude in terms of menopause. Journal of Epidemiology and Global Health, 8(1–2), 8–12. https://doi.org/10.2991/j.jegh.2018.08.103

Li, J., Luo, M., Tang, R., Sun, X., Wang, Y., Liu, B., Cui, J., Liu, G., Lin, S., & Chen, R. (2020). Vasomotor symptoms in aging Chinese women: findings from a prospective cohort study. Climacteric, 23(1), 46–52. https://doi.org/10.1080/13697137.2019.1628734

Monteleone, P., Mascagni, G., Giannini, A., Genazzani, A. R., & Simoncini, T. (2018). Symptoms of menopause - Global prevalence, physiology and implications. Nature Reviews Endocrinology, 14(4), 199–215. https://doi.org/10.1038/nrendo.2017.180

Mushtaq, S., & Ashai, Y. (2014). Coping strategies used by post-menopausal women in Srinagar district of Kashmir Valley. Anthropologist, 17(3), 1003–1006. https://doi.org/10.1080/09720073.2014.11891480

Noroozi, E., Dolatabadi, N., Eslami, A., Hassanzadeh, A., & Davari, S. (2013). Knowledge and attitude toward menopause phenomenon among women aged 40-45 years. Journal of Education and Health Promotion, 2(1), 25. https://doi.org/10.4103/2277-9531.112701

Palupi, M., & Astutik, R. Y. (2021). Health Education Program In Menopause To Improve The Quality of Life (QoL) of Menopausal Women In Covid-19 Pandemic In Kediri East Java. The 3rd Joint International Conference, 3(1), 106–112.

Saifuddin AB. (2016). Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo (4th ed.). PT Bina Pustaka.

Squire, L. R. (2009). 基因的改变NIH Public Access. Neuron, 61(1), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.ogc.2011.05.008.Physical

Published
2024-12-02
How to Cite
Dewi, R., Tampu Bolon, C. M., Manurung, R., Siregar, S., Manurung, N., Dame, A. M., Sagala, D. S. P., & Handoko, S. (2024). PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG MENOPAUSE DAN OLAH RAGA TEPAT PADA PEREMPUAN PERIMENOPAUSE DI GEREJA SILOAM INJILI (GSI) KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (Ji-SOMBA), 4(1), 6-12. https://doi.org/10.52943/ji-somba.v4i1.1785