PENTINGNYA PEMBUATAN KEMASAN SERTA LABELING HOME INDUSTRI KUE BASAH DAN KUE KERING KECAMATAN MEDAN SELAYANG

  • Fauziah Nur Hutauruk Universitas Imelda Medan
  • Komala Dewi Universitas Imelda Medan
  • Achmad Zulfikar Siregar Universitas Imelda Medan

Abstrak

Pembuatan kemasan mempunyai pengaruh yang besar terhadap minat konsumen, karena  produk tersebut akan terlihat menarik secara visual dan higienis. Para wirausaha juga perlu mengemas dengan bijak sekaligus memberi label pada produknya agar masyarakat mengetahui produk apa yang dijualnya. Pembuatan kemasan dan label yang menarik  akan membuat produk  yang dijual dapat bersaing dan laku di pasaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan memberikan penyuluhan secara langsung, demonstrasi dan pendampingan dalam pelaksanaan dengan memberikan  pengetahuan dan  wawasan kepada mitra mengenai pengelolaan usaha serta pentingnya pengemasan dan pelabelan kue  untuk menciptakan kue basah dan kering yang higienis.  Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman ibu-ibu pemilik industry kue basah dan kue kering  tentang pentingnya manajemen wirausaha yang baik untuk bersaing di pasaran , peningkatan pemahaman dalam pembuatan kemasan produk yang unik dan peningkatan pemahaman dalam pembuatan labelling produk. Capaian keseluruhan adalah ibu-ibu yang berwirausaha menguasai ilmu pengetahuan tentang pengelolaan  proses produksi dalam menghasilkan lebih banyak produk/barang.

Referensi

Hakim, L., Fitri, M. A., & Yafi, M. (2023). Optimalisasi Potensi UMKM Dompet Kulit melalui Pelatihan Pengemasan Produk, Desain Label dan Bantuan Alat Produksi. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1670–1676. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3336

Herudiansyah, G., Candera, M., & Pahlevi, R. (2019). Penyuluhan Pentingnya Label Pada Kemasan Produk Dan Pajak Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Desa Tebedak Ii Kecamatan Payaraman Ogan Ilir. Suluh Abdi, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.32502/sa.v1i2.2296

Lowe, G. F. (2016). Managing Media Firms and Industries. In Managing Media Firms and Industries. https://doi.org/10.1007/978-3-319-08515-9

Mashuri, M., Eryana, E., & Ezril, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pedagang Pasar Sukaramai Di Kecamatan Bengkalis. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(1), 138–154. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i1.158

Meliza, M. (2022). Pelatihan Pengemasan Produk Sebagai Strategi Pemasaran Ikan Nila Desa Degayu Pekalongan Utara. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(2), 51–54. https://doi.org/10.51747/abdipancamarga.v3i2.981

Permatasari, I., Sartika, D., Saluza, I., & Roswaty, R. (2023). Strategi Produk Dengan Pelatihan Pengemasan Produk Pada Kelompok Usaha Keripik Singkong Rk. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.36982/jam.v7i1.2914

Prayusi, N. D., & Andriani, E. (2023). The Role of Food Product Packaging Labels on Product Purchase Interest. Bulletin of Culinary Art and Hospitality, 2(2), 57–60. https://doi.org/10.17977/um069v2i22022p57-60

Purnaningrum, E., Masnuah, M., & Hanifah, H. Z. (2018). Pengembangan Pemasaran Oline dan Pengemasan Produk Berperan Terhadap Hasil Daya Jual. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), 29–34.

Sudiatmika, I. B. K., Fredlina, K. Q., & Astawa, N. L. P. N. S. P. (2020). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 270–275. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10535

Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan Yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1), 107–116.

Diterbitkan
2024-05-31