HUBUNGAN WAKTU PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA BAGIAN PENDAFTARAN DI RUMAH SAKIT UMUM PERMATA BUNDA MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam pelayanan kesehatan yang bermutu adalah akses terhadap pelayanan yang ditandai dengan waktu penyediaan dokumen rekam medis di bagian pendaftaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan waktu penyediaan dokumen rekam medisdengan kepuasan pasien pada bagian pendaftaran di Rumah Sakit Umum Permata Bunda Medan. Jenis penelitan yang digunakan adalah deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di RSU Permata Bunda Medan yang dihitung dari rata-rata kunjungan pasien yang datang dalam satu minggu yaitu 307. Sampel dalam penelitian ini adalah 76 orang yang diambil secara accidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara univariat dan analisis bivariat yaitu untuk mencari hubungan dua variabel menggunakan uji statistik t-test independen dengan CI 95%. hasil penelitian menunjukkan ada hubungan waktu penyediaan dokumen rekam medis dengan kepuasan pasien pada bagian pendaftaran di Rumah Sakit Umum Permata Bunda Medan (p=0,0001).Disarankan untuk mempersingkat waktu penyediaan dokumen rekam medis dan meningkatkan kepuasan pasien dengan dengan melaksanakan manajemen rekam medis yang baik benar.
Kata Kunci: Waktu, Penyediaan Dokumen Rekam Medis, Kepuasan Pasien, Pendaftaran
ABSTRACT
One aspect that needs to be considered in health services as assessed for access to services is affected by the provision of medical records in the registration section. The purpose of this study is to determine the relationship between the time of providing medical records and patient satisfaction in the registration section at Permata Bunda General Hospital, Medan. The type of research is descriptive with cross sectional design. The population are patients in RSU Permata Bunda Medan, which was calculated from the average number of patient visits that came in a week as many as 307. The sample is 76 people taken by accidental sampling. Data collection was carried out using the observation method using an observation sheet and the interview method with a questionnaire. Data were analyzed univariate and bivariate using the independent t-test with 95% CI. The results showed that there is a correlation between the time of providing medical records and patient satisfaction in the registration section at Permata Bunda General Hospital, Medan (p = 0,0001). It is recommended to shorten the time for the provision of medical record documents and increase patient satisfaction by helping to manage medical records properly.
Downloads
References
Asmuji. 2012. Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-. Ruzz Media.
Azwar, Azrul, 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Bustami, 2011, Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Aksebtabilitasnya. Jakarta : Erlangga.
Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Kepmenkes RI Nomor 377 Tahun 2007 tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.
Laeliyah, Nur & Heru Subekti, 2017. Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. Jkesvo (Jurnal Kesehatan Vokasional).Vol. 1 No 2 – April 2017. Diakses 28 Januari 2020. Tersedia: http://journal.ugm.ac.id/ jkesvo.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 129 / MENKES / SK / II / 2008 Tentang Standard Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Notoatmodjo . 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Pohan S, 2007. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.