Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan

  • Yeyi Gusla Nengsih Universitas Imelda Medan
Keywords: Alur Prosedur, Rawat Jalan, BPJS, RSU IPI Medan

Abstract

Rawat jalan merupakan pelayanan yang diberikan kepada pasien untuk berobat atau keperluan lainnya tanpa tinggal diruang rawat inap rumah sakit. RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan juga berpotensi menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Kota Medan Sumatera Utara. Tempat pendaftaran rawat jalan RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan dimulai dari pendaftaran pasien hingga pasien mendapatkan pelayanan. Berdasarkan survey diketahui bahwa jika pasien BPJS tidak melengkapi persyaratan seperti foto copy KTP dan KK, surat rujukan, foto copy SKP dan foto copy kartu BPJS dalam sehari maka pasien tersebut tidak segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut. RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan belum mempunyai prosedur pendaftaran secara khusus untuk pasien rawat jalan BPJS sehingga masih sulit untuk menelusuri dokumen rekam medis diruang filling dan juga pendistribusian dokumen rekam medis ke poliklinik masih sangat lama. Hal ini menyebabkan pelayanan pasien BPJS tidak segera terpenuhi. Tujuan penelitian untuk mengetahui alur prosedur pelayanan pasien rawat jalan peserta BPJS. Jenis penelitian yaitu deskriptif, subyek yang diteliti yaitu pasien rawat jalan BPJS dengan obyek penelitian yaitu RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan. Instrumen yang digunakan dengan wawancara dan observasi langsung ke lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, E.I. dkk (2010). “Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta JamKesMas di RSUD Kabupaten Karanganyar”. Jurnal Kesehatan, Vol IV No. 2 Hal. 38-61.

Arief, M. (2009). “Pengantar Metodologi Penelitian Untuk Ilmu Kesehatan”. Surakarta : Sebelas Maret University Press. Hal 53-4.

Arikunto, S. (2006). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta : Rineka Cipta. Hal 23

Depdiknas. (2008). “Kamus Besar Bahasa Indonesia”. Jakarta : PT Gramedia

Depkes, RI. (1991). “Petunjuk Teknik Penyelenggaraan Rekam Medis”. Jakarta : Departemen Kesehatan RI. Hal 3

Kemenkes, RI. (2010). “Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Masyarakat 2010”. Jakarta : Kemenkes RI, Hal 1

Nengsih, Y.G (2020). “Optimalisasi Antrian Menggunakan Metode Single Channel Single Phase (Studi Kasus Dr. Reksodiwiryo Padang)”. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda, Vol. 5 No.1 Hal. 30-39.

Nengsih, Y.G (2020). “Sistem Antrian Rekam Medis Pasien di Rumah Sakit Menggunakan Model Multi Channel Dengan Pola Poisson”. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda, Vol. 5 No. 2 Hal. 121-131.

Nengsih, Y.G (2020). “Sistem Informasi Penjualan Jilbab Pada Toko Karunia Bukittinggi Dengan Bahasa Pemrograman PHP dan My SQL”. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), Vol. 3 No. Hal. 1 21-28.

Prasasti, T.I. (2017). “Keamanan dan Kerahasiaan Berkas Rekam Medis Pasien di RSUD Prijonegoro Sragen”. Jkesvo, Vol. 2 No. 1 Hal. 23-30.

Shofiana, B.N dkk (2019). “Analisis Proses Pelayanan Pendaftaran Pasien di Puskesma Jatisrono I Kabupaten Wonogiri”. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 7 No. 1 Hal. 102-112.
Published
2021-02-27
How to Cite
Nengsih, Y. G. (2021). Tinjauan Alur Prosedur Pelayanan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS di RSU Imelda Pekerja Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 6(1), 51-57. https://doi.org/10.2411/jipiki.v6i1.479