Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap Akibat Koding Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soedirman Kebumen

  • Aldi Pratama Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Harry Fauzi Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Zahrasita Nur Indira Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Prisai Purnama Adi RSUD Dr. Soedirman Kebumen
Kata Kunci: BPJS Kesehatan, Pending Klaim, Rawat Inap

Abstrak

Klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah pengajuan biaya perawatan pasien peserta BPJS Kesehatan oleh pihak rumah sakit kepada pihak BPJS Kesehatan yang dilakukan secara kolektif dan ditagihkan kepada BPJS Kesehatan setiap bulannya. Setelah itu BPJS Kesehatan akan melakukan persetujuan klaim dan melakukan pembayaran untuk berkas yang layak, namun untuk berkas yang belum layak klaim atau pending (unclaimed) harus dikembalikan ke rumah sakit untuk diperiksa kembali. RSUD Dr. Soedirman Kebumen adalah rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS untuk memberikan pelayanan kepada pasien melalui sistem pembiayaan, dimana pada pelaksanaannya masih ditemukan masalah-masalah terutama terkait pending klaim. Kejadian pemding klaim di RSUD Dr. Soedirman Kebumen disebabkan oleh beberapa hal diantaranya administrasi, medis, koding, berkas tidak layak dan lainnya. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan berkas pending klaim pada bulan September 2022 sebanyak 163 dari 1041 berkas pasien rawat inap yang menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional. Dari permasalahan tersebut maka dilakukan analisis faktor penyebab pending klaim akibat koding melalui penelitian kuantitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil analisis menunjukan pengembalian berkas klaim pasien rawat inap BPJS Kesehatan di RSUD Dr. Soedirman Kebumen terjadi karena faktor perbedaan presepsi kode diagnosis dalam berkas klaim antara pihak koder rumah sakit dengan pihak verifikator BPJS Kesehatan. Selain itu kekurangan data pendukung sebagai penegakan diagnosis juga mempengaruhi keakuratan kode diagnosis yang mengakibatkan pending klaim. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya upaya yang harus dilakukan rumah sakit seperti kegiatan evaluasi terkait kinerja petugas sesuai job description yang ada dan peningkatan kualitas SDM khususnya petugas koding dengan mengadakan pelatihan serta sosialisasi mengenai pembaharuan kebijakan mengenai klaim. Pengoptimalan kegiatan dengan dibuatnya SPO terkait klaim agar dapat meminimalisir kejadian pending klaim.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Presiden Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan, no. 086146. 2021.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis. 2022.

Peraturan Menteri Kesehatan, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan. 2021.

“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial,” 2011.

D. Irmawati, “Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pasien Rawat Inap Ditinjau Dari Syarat-Syarat Pengajuan Klaim Di RSUD R.A Kartini Jepara,” J. Rekam Medis dan Inf. Kesehat., vol. 1, pp. 45–51, 2018.

D. Harmanto and A. Herisandi, “Pengaruh Kode Topography Dan Morphology Terhadap Keakuratan Kode Diagnosa Neoplasma Berdasarkan ICD-10,” vol. 10, no. 2, pp. 184–190, 2022.

R. Gunarti and M. Muchtar, “Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan,” Thema Publ., 2019.

W. A. Santiasih, A. Simanjorang, and B. Satria, “Analisis Penyebab Pending Klaim Bpjs Kesehatan Rawat Inap di RSUD Dr. RM Djoelham Binjai,” J. Healthc. Technol. Med., vol. 7, no. 2, pp. 1381–1394, 2021.

Nursalam, Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis, 5th ed. Jakarta: Salemba Medika, 2013. [Online]. Available: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” 2019.

A. Artanto, “Faktor-Faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Periode Januari – Maret 2016,” J. Adm. Rumah Sakit Indones., vol. 4, no. 2, pp. 122–134, 2018, doi: 10.7454/arsi.v4i2.2564.

BPJS Kesehatan RI, Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional, vol. 53, no. 9. 2017.

D. Mardiawati and L. Handayuni, “Analisa Persepsi Verifikator Terhadap Kode Tindakan Medis Di RS Umum Citra Bunda Medical Center Padang,” J. Ilm. Perekam dan Inf. Kesehat. Imelda, vol. 6, no. 2, pp. 195–204, 2021, doi: 10.52943/jipiki.v6i2.486.

N. Nuraini, R. A. Wijayanti, F. Putri, G. Alfiansyah, A. Deharja, and M. W. Santi, “Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien BPJS Rawat Inap Di Rumah Sakit Citra Husada Jember,” J. Kesmas Indones., vol. 11, no. 1, pp. 24–35, 2019, doi: 10.20884/1.ki.2019.11.1.1314.

S. F. Nabila, M. W. Santi, Y. Tabrani, and A. Deharja, “Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Akibat Koding Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo,” J-REMI J. Rekam Med. dan Inf. Kesehat., vol. 1, no. 4, pp. 519–528, 2020, doi: 10.25047/j-remi.v1i4.2157.

G. Alfiansyah and M. W. Santi, “Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Citra Husada Jember,” no. January, 2019, doi: 10.20884/1.ki.2019.11.1.1314.

L. W. Noviatri and Sugeng, “Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyerahan Klaim BPJS di RS Panti Nugroho,” vol. 1, no. 1, pp. 22–26, 2016.

Diterbitkan
2023-02-28