Visualisasi Pentatalaksanaan Rekam Medis di Masa Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Praktikum Laboratorium Melalui Media Video Tutorial

  • Subinarto Subinarto Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Isnaini Qoriatul Fadhilah Poltekkes Kemenkes Semarang
  • Puput Sugiarto Poltekkes Kemenkes Semarang
Kata Kunci: Medical Record Management, Covid-19 Pandemic, Video Tutorial

Abstrak

Pandemi Covid-19 berdampak pada pelayanan kesehatan di Indonesia. Tenaga kesehatan khususnya PMIK harus memperhatikan prosedur penanganan Covid-19 dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Prosedur pentatalaksanaan rekam medis perlu diajarkan kepada mahasiswa agar memperoleh pengetahuan dan pemahaman tentang pentatalaksanaan rekam medis di masa pandemi Covid-19. Diperlukan visualisasi pentatalaksanaan rekam medis di masa pandemi Covid-19 bagi mahasiswa dalam media video tutorial. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan visualisasi dalam media video tutorial tentang pentatalaksanaan rekam medis di masa pandemi Covid-19 pada pembelajaran praktikum laboratorium. Penelitian menggunakan metode research and development yang dilaksanakan di laboratorium rekam medis manual Poltekkes Kemenkes Semarang pada bulan Agustus hingga Desember 2021. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan analisis kebutuhan melalui FGD, dilanjutkan dengan tahapan pembuatan video tutorial, uji validitas, dan diakhiri pada tahapan uji coba. Hasil penelitian diperoleh visualisasi dalam bentuk video tutorial yang telah dinyatakan sangat valid dalam uji materi sebesar 85% dan uji media sebesar 81% oleh pakar. Uji praktikalitas terhadap video yang dilakukan kepada mahasiswa diperoleh hasil praktis dengan nilai 78% sehingga mampu memberikan visualisasi kepada mahasiswa pentatalaksanaan rekam medis di masa pandemi Covid-19. Diperlukan pengukuran tingkat efektivitas video tutorial dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang pentatalaksanaan rekam medis di masa pandemi Covid-19.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

[1] P. Indonesia, “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).” Pemerintah Indonesia, Jakarta, 2020.
[2] A. R. Hidayat, I. G. Agung, and N. Putra, “Hubungan Karateristik Responden Dengan Tingkat Kecemasan Petugas Rekam Medis Pada Masa Pandemi Covid-19 di RSUD Wonosari Relationdhip Of Respondent Charateristics With Anxiety Level Medical Record Officers During The Covid-19 Pandemic At Wonosari Hospital,” vol. 12, pp. 2–5, 2021.
[3] N. A. Titasari and T. Fani, “Dampak Psikologis Pandemi Covid-19 Pada Petugas Rekam Medis,” Pros. Disk. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 74–81, 2021, [Online]. Available: https://publikasi.aptirmik.or.id/index.php/prosidingdiskusiilmiahyogya/article/view/224.
[4] PORMIKI, “Surat Edaran DPP PORMIKI No. HM.01.01/002/III/2020 tentang Prosedur Kerja Perekam Medis dan Informasi Kesehatan dalam Situasi Wabah Covid-19.” PORMIKI, Jakarta, 2020.
[5] N. Rahmadiliyani and N. S. Putri, “View of Pemeliharaan dan Pengendalian Pencegahan Infeksi Rekam Medis COVID-19 oleh Petugas Rekam Medis,” J. Kesehat. Indones., vol. XI, no. 3, p. 124, 2021, [Online]. Available: http://journal.stikeshb.ac.id/index.php/jurkessia/article/view/442/193.
[6] L. O. Andreas and Y. Gusmareta, “Pengembangan Media Pembelajaran Mata Kuliah Mekanika Tanah Dan Teknik Pondasi Berbasis Video Tutorial Laras,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.
[7] P. Sugiarto, H. Maula, D. W. Dewi, and N. F. Agnur, “Pengembangan dan Uji coba Media Pembelajaran Praktikum Laboratorium Manajemen Rekam Medis Berbasis Video Tutorial,” Indones. Heal. Inf. Manag. J., vol. 9, no. 1, pp. 13–20, 2021, doi: 10.47007/inohim.v9i1.230.
[8] A. M. Ritonga, I. Syofii, and Darlius, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Praktikum Mata Kuliah Korosi Dan Teknik,” J. Pendidik. Tek. Mesin Vol., vol. 7, no. Mei, 2020.
[9] N. M. U. Rohman, Hendra, Saputra, Dwi Riki, Sholihah, “Penyesuaian Kegiatan Pelayanan Dan Pengelolaan Unit Kerja Rekam Medis Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 5, pp. 897–904, 2021.
[10] A. E. Pramono, M. F. Salim, and A. Wijayanti, “Studi Kasus Pelayanan Rekam Medis Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Gondokusuman II Kota Yogyakarta,” vol. 7, no. 1, pp. 24–34, 2022.
[11] T. Nurjanah, “Penangan Berkas Rekam Medis Terkait Covid-19 Di Rumah Sakit X Bandung,” J. Kesehat. Tambusai, vol. 2, no. 2, pp. 120–125, 2021, [Online]. Available: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jkt/article/view/1844.
[12] Y. Asriati, “Beban Kerja Pelayanan Rekam Medis Di Masa Pademi Covid-19,” J. Manaj. Inf. dan Adm. Kesehat., vol. 3, no. 2, pp. 44–49, 2020, doi: 10.32585/jmiak.v3i2.1019.
[13] S. Sukardi and F. Rozi, “Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 2, p. 97, 2019, doi: 10.29100/jipi.v4i2.1066.
[14] S. Mandalika, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Tata Rias Pengantin,” Invotek (Jurnal Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 20, no. 1, pp. 85–92, 2020.
[15] D. P. Wirda Salsabila, Ni Putu Sumartini, “Pengaruh Edukasi dengan Video Tutorial terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Melakukan Basic Life Supprot di Pondok Pesantren Nurul Ilmi Ranggagata,” J. Keperawatan Teradu (Integrated Nurs. Journal), vol. 3, no. 2, pp. 20–31, 2021.
[16] F. A. Yul, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran CD Tutorial Terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Desain Web di AMIK DP Kerinci,” Edik Inform., vol. 2, no. 2, pp. 171–181, 2017, doi: 10.22202/ei.2016.v2i2.1460.
Diterbitkan
2022-08-31