PENYULUHAN TENTANG FAKTOR YANG MENYEBABKAN KERUSAKAN FISIK DOKUMEN REKAM MEDIS DI UPT PUSKESMAS PULO BRAYAN, MEDAN

  • Johanna Christy Universitas Imelda Medan
  • Erlindai Universitas Imelda Medan
  • Mei Sryendang Sitorus Universitas Imelda Medan
Keywords: Kerusakan, Dokumen Rekam Medis, Ruang Penyimpanan, Puskesmas, Penyuluhan

Abstract

Rekam medis adalah catatan atau dokumen yang berisikan identitas, anamnesa, penentuan fisik, laboratorium, diagnosa dan tindakan medis  yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik rawat jalan, rawat inap mauapun  pelayanan gawat darurat. Dokumen rekam medis harus didukung dengan keamanan dan kerahasiaan di ruangan peyimpanan berkas rekam medis itu sendiri. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan memberikan sosialisasi/penyuluhan secara langsung tentang faktor penyebab kerusakan fisik dokumen rekam medis di Puskesmas Pulo Brayan dan demonstrasi serta pendampingan tentang kerusakan fisik dokumen rekam medis di ruang penyimpanan. Hasil  dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan petugas penyimpanan dalam mengelola dokumen rekam medis untuk meminimalisir terjadinya kerusakan fisik dokumen rekam medis. Kegiatan ini berhasil dilaksanakan dengan baik berkat kerjasama yang baik serta dukungan dari semua pihak baik tim pelaksana, mahasiswa, petugas dan Kepala Puskesmas Pulo Brayan serta Dinas Kesehatan Kota Medan.

References

Afif, M. N. I. (2016). Tinjauan Faktor-faktor Penyebab Kerusakan Dokumen Rekam Medis di Filling RS Panti Wilasa DR. Cipto Semarang Tahun 2016. Dikutip: 4 November 2017http://eprints.dinus.ac.id.

Alamsyah, D. (2011). Manajemen Pelayanan Kesehatan. Nuha Medika.

Barthos, B. (2012). Manajemen Kearsipan. Bumi Aksara.

Budi, S. C. (2011). Manajemen Unit Rekam Medis. Quantum Sinergis Media.

Endang, L. S. (2012). Analisis Faktor faktor Penyebab Kerusakan Fisik Dokumen Rekam Medis Tahun 2011. Dikutip 20 November 2017 http://eprints.dinus.ac.id.

Lestari, E. S. (2012). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kerusakan fisik Dokumen Rekam Medis Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Gombong Tahun 2011. 12, 5–6.

Novia, W. (2014). Tinjauan Pelaksanaan Pemeliharaan Dokumen Rekam Medis di Ruang Filling Rawat Inap RSUD Sunan Kalijaga Demak Tahun 2014. Dikutip : 7 September 2017.

Sandika, T. W. (2019). Tinjauan Pelaksanaan Pemeliharaan Dokumen Rekam Medis Di Ruang Filing Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. muhammad Ildrem Medan Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI). 4(1), 560–566.

Published
2022-11-30
How to Cite
Christy, J., Erlindai, & Sitorus, M. S. (2022). PENYULUHAN TENTANG FAKTOR YANG MENYEBABKAN KERUSAKAN FISIK DOKUMEN REKAM MEDIS DI UPT PUSKESMAS PULO BRAYAN, MEDAN. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (Ji-SOMBA), 2(1), 1-7. https://doi.org/10.52943/ji-somba.v2i1.1020

Most read articles by the same author(s)