DEMONSTRASI ENDORPHIN MASSAGE DALAM MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN PADA IBU HAMIL DI KLINIK BERSALIN SITI KHODIJAH 2022

  • Khairani Universitas Imelda Medan
  • Maidina Putri STIKes As Syifa Kisaran
  • Sarida Surya Manurung Universitas Imelda Medan
Keywords: Demonstrasi Endorphin Massage Kecemasan

Abstract

Kehamilan dan persalinan merupakan fokus perhatian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Faktor psikologi yang sering terjadi pada ibu dalam proses persalinan dapat berupa kecemasan, seringkali, wanita hamil dalam menghadapi suatu persalinan mereka merasakan kecemasan. Apabila ibu tetap merasakan kecemasan maka dapat diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan terapi non farmakologis. Terapi non farmakologis dilakukan dengan menggunakan Endorphin Massage. Endorphin Massage merupakan sebuah terapi sentuhan atau pijatan ringan yang cukup penting diberikan pada ibu hamil, sewaktu menjelang hingga saatnya melahirkan. Pijatan ini dapat merangsang tubuh untuk melepaskan senyawa endorphin yang merupakan pereda rasa sakit dan dapat menciptakan perasaan nyaman. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah demonstrasi Endorphin Massage untuk mengurangi kecemasan pada primigravida yang menghadapi persalinan. Penyuluhan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Jumlah reponden pada pengabdian ini berjumlah 15 orang ibu hamil, dilaksanakan pre test dan post test untuk mengukur tingkat pemahaman ibu hamil. Keberhasilan dalam pengabdian kepada masyarakat ini ditunjukan pula dengan peningkatan pemahaman peserta dengan nilai rata-rata pre test dan post test pada ibu hamil dengan pengetahuan pada kategori baik nilai pre test 20% menjadi nilai post test 86,7%

References

A. Rohmah, Afifatu., Hendarsih, Sri., & dan R. (2019). “Pengaruh Pemberian Endorphin Massage Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Sectio Caesarea Di RSU Siaga Medika Banyumas,” .

Anik, M. (2010). Nyeri Dalam Persalinan Teknik Dan Cara Penanganannya. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Aprillia, Y. (2010). Siapa Bilang Melahirkan Itu Sakit. Yogyakarta: Andi Offset.

Depkes. (2017). Departemen Kesehatan Republik Indonesia. [Online]. Retrieved from http://www.depkes.go.id.

Kuswandi, L. (2014). Hipnobirthing A Gentle Way to Give Birth. Jakarta: Pustaka Bunda.

R. Rahayu, S., Widyawati, MN., & Dewi. (2018). “Pengaruh Masase Endorphin terhadap Tingkat Kecemasan dan Involusio Uteri Ibu,.” J. Kebidanan, Vol. 8, No. 1,.

R. Rahayu, S., Widyawati, MN., & D. (2018). “Pengaruh Masase Endorphin terhadap Tingkat Kecemasan dan Involusio Uteri Ibu,” J. Kebidanan, 8, no.

Sanjaya, H., Pujianto, T.I., & Wasthu, D. (2014). Pengaruh endorphin massage terhadap nyeri persalinan kala I fase aktif di wilayah kerja puskesmas Miri Sragen. Midwifery, 8(2),1-8.

Sukmaningtyas, W., & Windiarti, P. A. (2017). Efektifitas endorphin massage terhadap tingkat kecemasan ibu bersalin primigravida. Ilmiah Kebidanan, 7(1),53-62.

Wagiyo & Putrono Asuhan. (2016). Keperawatan Antenatal, Intranatal & Bayi Baru Lahir “Fisiologis dan Patologis”. Yogyakara: CV. Andi Offset.

Published
2022-11-30
How to Cite
Khairani, Putri, M., & Manurung, S. S. (2022). DEMONSTRASI ENDORPHIN MASSAGE DALAM MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN PADA IBU HAMIL DI KLINIK BERSALIN SITI KHODIJAH 2022. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (Ji-SOMBA), 2(1), 18-22. https://doi.org/10.52943/ji-somba.v2i1.1139

Most read articles by the same author(s)