PENGARUH HYPNOBREASFEEDING TERHADAP PRODUKSI VOLUME ASI IBU NIFAS DI RUMAH SAKIT IMELDA PEKERJA INDONESIA MEDAN

  • Wellina BR Sebayang Dosen Prodi D-III Kebidanan STIKes Imelda
  • Carolina Theresia Simanjuntak Universitas Imelda Medan
Keywords: Hynobreastfeeding, Peningkatan Volume ASI

Abstract

Hypnobreasfeeding  adalah upaya alami menanamkan niat ke pikiran bawah sadar kita, untuk menghasilkan ASI yang cukup demi kepentingan bayi. Meningkatkan jumlah ASI dengan acara meyakinkan diri sendiri bahwa jumlah ASI cukup memenuhi kebutuhan bayi secara ekslusif tanpa tambahan susu formula.Tujuan : untuk mengetahui pengaruh hypnobreasfeeding Terhadap produksi volume ASI Nifas di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia. Metode : Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Subyek dalam penelitian ini 20 orang. Penelitian ini dillakukan di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan  pada bulan Januari sampai Oktober  2017. Metode pengambilan sampel adalah total sampel. Analisa data menggunakan uji statistik  mean whytney dengan statistic kemaknaan p value 0,05. Hasil : berdasarkan hasil analisa data didapatkan pada kelompok intervensi 90 % responden mengalami peningkatan volume ASI dengan kategori ASI cukup. Pada kelompok control hanya 50 % dengan kategori ASI cukup sementara 50 % lagi sudah memberikan susu formula kepada bayinya. Terdapat peningkatan jumlah volume ASI sesudah melakukan hynobreastfeeding. Simpulan : Ada pengaruah hynobreastfeeding terhadap peningkatan volume ASI ibu nifas di Rumah Sakit Imelda Pekerja Indonesia Medan. Saran : meningkatkan sosialisasi hypnobreasfeeding dan penelitian lanjut dengan desaiin yang berbeda.

References

Anita, R.2017. Hynpnobreasfeeding untuk meningkatkan produksi ASI pada Ibu menyusui yang bekerja. Jurnal STIKes Patria Husada Blitar.

Badan Penelitiandan Pengembangan Kesehatan Kementrian Republik Indonesia. Jakarta.

Bahriyah, F. 2017. Hubungan Pekerjaan Ibu Terhadap Pemberian Ibu Terhadap Pemberian Asi Ekskusif Pada Bayi. Journal Endurance.

Dewi, U. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Praktk Menyusui pada Ibu post Sectio Saecarea Di RSI A. Yani Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan.

Hidayat, A. 2016. Asuhan Kebidanan Persalinan. Yogyakarta; Muha Medika

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.2017. Profil Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2017. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Survei Data dan Kesehatan (SDKI).2018. Jakarta.

Maritalia, D. 2017. Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas. Yogyakarta .

Pratiwi, S.2018. Pengaruh Hynpnobreasfeeding terhadap produksi ASI. Jurnal Program studi kebidanan STIKes Yarsi Mataram.

Profil Kesehatan Indonesia Cakupan ASI Eksklusif .2017. Jakarta.

Profil Kesehatan Tapanuli Utara.2016. Sumatera Utara.

Ramli, R. 2020. Hubungan Pengetahuan dan Status Pekerjaan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and health Education. Sidotopo.

Riset Kesehatan Dasar. 2017. Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia.

Setia, S. 2018. Hubungan Pekerjaan dan Pendidikan Ibu dengan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Hinai Kiri. Jurnal STIKes Putra Abadi Langkat, Sumatera Utara.

Sustainable Development Goal. 2030. Agenda For Sustainable Develompment. Jakarta.

Untari, J. 2017.Hubungan Antraa Karateristik Ibu Dengan Pemberian ASI Eksklusif Di Wilayah Kerja Di Puskesmas Minggir Kabupaten Sleman. Jurnal Forum Ilmiah KesMas Respati.

Wayan, N. 2016. Hynpnobreasfeeding awali suksesnya ASI Eklusif. Jurnal Dosen Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Denpasar.
Published
2020-09-30
How to Cite
BR Sebayang, W., & Simanjuntak, C. T. (2020). PENGARUH HYPNOBREASFEEDING TERHADAP PRODUKSI VOLUME ASI IBU NIFAS DI RUMAH SAKIT IMELDA PEKERJA INDONESIA MEDAN. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 6(2), 63-66. Retrieved from http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEBIDANAN/article/view/441