HUBUNGAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT SWASTA KOTA MEDAN TAHUN 2015
Abstract
Dalam pendidikan perawatan kesehatan secara umum, caring adalah konsep inti tetapi mungkin ironis bahwa konsep yang sangat penting bagi keperawatan tersebut hanya mendapat sangat sedikit perhatian empiris dari perawat peneliti. Penelitian ini dilakukan di Rumah sakit Umum Imelda Medan pada tanggal 17-18 Maret 2016. Jenis penelitian ini bersifat korelasi dan pengumpulan data diperoleh langsung dari responden dengan memberikan kuesioner secara langsung (point time approach). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 47 orang yang seluruhnya diambil menjadi sampel (total sampling). Skala ukur yang digunakan adalah skala likert dan cara ukur skala ordinal. Tehnik pengolahan data dilakukan secara editing, coding, tabulating dengan tehnik analisa data kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah perilaku caring dan kepuasan pasien. Mayoritas perawat berperilaku kurang caring sebanyak 25 orang (53,2%) dan minoritas berperilaku caring yaitu sebanyak 22 orang (46,8%). Mayoritas klien merasa tidak puas yaitu sebanyak 26 orang (55,3%) dan minoritas merasa puas yaitu sebanyak 21 orang (44,7%). Dari 22 orang perawat yang berperilaku caring ada 15 orang (31,9 %) klien yang merasa puas dan 7 orang (14,9 %) yang tidak puas. Sedangkan dari 25 orang perawat yang berperilaku kurang caring ada 6 orang (12,8 %) klien yang merasa puas dan 19 orang (40,4 %) tidak puas. Uji statistic korelasi antara perilaku caring dengan tingkat kepuasan diperoleh nilai r = 0,002 (r< 0,05) artinya terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring dengan kepuasan pasien. Disarankan bagi institusi Rumah Sakit Umum Imelda untuk memberikan pendidikan dan pelatihan tentang manfaat teori dan praktek caring, sehingga caring dapat dilaksanakan dengan baik agar tingkat kepuasan pasien meningkat.
Downloads
Copyright (c) 2017 Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.