EDUKASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 101737 KECAMATAN SUNGGAL
Abstrak
Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) harus diterapkan sebagai wujud kesadaran pada masalah kesehatan yang dapat dilakukan oleh seseorang. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut melalui edukasi PHBS dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. PHBS di lingkungan sekolah yaitu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, mengkonsumsi jajanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, olahraga yang teratur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di lingkungan sekolah, membuang sampah pada tempatnya, dan melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui penyuluhan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Tujuan penyuluhan ini adalah meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 69 orang, siswa – siswi kelas 1,2,3 SDN Negeri 101737 Sunggal. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dengan pemutaran video PHBS dan evaluasi kegiatan dilakukan dengan tanya jawab kepada peserta. Setelah dilakukan penyuluhan peserta mengalami peningkatan pengetahuan tentang PHBS dimana kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap PHBS. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa edukasi PHBS di sekolah mampu meningkatkan gaya hidup sehat sejak dini ditandai dengan peningkatan pengetahuan peserta tentang PHBS, dimana peserta menunjukkan sikap positif terhadap program PHBS serta mampu melakukan tindakan berkaitan dengan PHBS. Kegiatan pengabdian masyarakat serupa harus terus dilakukan sebagai bentuk penguatan dengan mencakup sasaran yang lebih banyak dan menjangkau area yang lebih luas lagi khususnya sekolah-sekolah yang belum pernah dijangkau.
Referensi
Bungai, J., Sasmithae, L., & Perdana, I. (2022). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Sekolah Dasar Di Desa Cangkang Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah. Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1305–1315. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i4.1247
Gani, H. A., Istiaji, E., & Pertiwi, P. E. (2015). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Using (Studi Kualitatif di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi). Ikesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(1), 25–35. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ikesma/article/view/4347
Hendrawati, S., Rosidin, U., & Astiani, S. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Siswa/siswi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Jurnal Perawat Indonesia, 4(1), 295–307. https://doi.org/https://doi.org/10.32584/jpi.v4i1.454
Mulat, T. C., Yuriatson, Asmi, A. S., & Rukina. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar. Abdimas Polsaka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43–47. https://doi.org/https://doi.org/10.35816/abdimaspolsaka.v2i1.31
Salim, M. F., Syairaji, M., Santoso, D. B., Pramono, A. E., & Askar, N. F. (2021). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Samigaluh Kulonprogo. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 19–24. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jp2m.51342
Suhadi, Sato, M., Takui, S., Fithria, Jafriati, & Sabilu, Y. (2024). Edukasi Kesehatan dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)pada Anak Usia Sekolah Dasar di SD Negeri 02 Bokori. VEOMPUH : Journal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 61–65. https://doi.org/https://doi.org/10.37887/vj.v1i1.10
Tarigan, K., G., J., S, J., Tanjung, R., & Aulia, R. (2022). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Masyarakat Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 52–59. https://doi.org/https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.152
Wati, P. D. C. A., & Ridlo, I. A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(1), 47–58. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/jpk.V8.I1.2020.47-58