TINJAUAN PENYEBAB UNCLAIMED BERKAS PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM IMELDA PEKERJA INDONESIA
Abstract
ABSTRAK
Klaim adalah tuntutan pengakuan atas suatu fakta bahwa seseorang berhak (memiliki atau mempunyai) atas sesuatu. Rekam medis yang diajukan kepada pihak BPJS yang diragukan kesimpulan medisnya, karena ketidakcocokan atau ketidaklengkapan data-datanya maka akan di kembalikan yang sering disebut unclaimed. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab unclaimed berkas BPJS pasien rawat jalan berdasarkan identifikasi input dan proses. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dengan fenomenologi.Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2019 dan penelitian dilakukan di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia.Populasi dan sampel dalam penelitian adalah petugas BPJS yang berjumlah 6 (enam) orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pedoman wawancara.Hasil penelitian menunjukkan penyebab unclaimed berkas BPJS pasien rawat jalan berdasarkan input adalah SDM dan sarana yang kurang, jaringan dan software yang sering error. Sedangkan berdasarkan proses adalah perencanan yang masih belum menggunakan SOP. Disarankan kepada pihak rumah sakit menambah jumlah SDM dan Sarana dalam pengerjaan berkas klaim, memperbaiki jaringan dan software yang error, membuat SOP pengajuan klaim.
Kata Kunci : BPJS, Unclaimed, Berkas Rekam Medis
ABSTRACT
A claim is a claim of acknowledgment of the fact that someone has the right (has or has) of something. Medical records submitted to the BPJS whose medical conclusions are doubtful, because of incompatibility or incomplete data will be returned which is often called unclaimed. The purpose of this study was to determine the cause of unclaimed BPJS outpatients based on identification of inputs and processes. This type of research uses a qualitative method with phenomenology. When the study was conducted in March to May 2019 and the study was conducted at the Indonesian Labor Imelda General Hospital. Population and samples in the study were BPJS officers, amounting to 6 (six) people. Data were collected using interview guidelines. The results of the study showed that the unclaimed causes of outpatient BPJS files based on input were human resources and lack of facilities, networks and software that often caused errors. Whereas based on the process is planning that still does not use SOP. It is recommended to the hospital to increase the number of human resources and facilities in working on claim files, repairing network and software errors, making SOPs filing claims.
Downloads
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.